Maju Pesat, Ponpes AFNA Segera Miliki BLK

Maju Pesat, Ponpes AFNA Segera Miliki BLK

--

AIR KASAI, RADARMUKOMUKO.COM – Pondok Pesantren, Al-Fattah Nailul Anwar (AFNA), berdiri sejak 1,5 tahun yang lalu. Beralamat di Desa Sari Maukur, Kecamatan Air Dikit. Pendirinya adalah Miftachul Huda Alchakimi, alias Gus Huda. Ponpes ini memiliki pendidikan formal tingkat SD, dan SMP. Diusianya yang relatif muda, Ponpes ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Selain sudah memiliki asrama putra dan putri. Gedung belajar untuk SD dan SMP. Juga dilengkapi dengan sarana olahraga dan mushola. Saat ini sedang dalam proses pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Bangunan ini bantuan dari Kementrian Ketenagakerjaan RI. Sumber dana, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 500 juta. Sebagaimana disampaikan oleh pengasuh Ponpes AFNA, Gus Huda, Kamis (8/12).

‘’Bantuan yang kami terima tahun ini sekitar Rp 1 miliar. Mulai dari gedung, komputer, laptop, hingga pelatihan selama 2 bulan untuk 2 orang,’’ ungkap Gus Huda, saat ditemui di kediamannya.

Gus Huda juga menyampaikan, selain mendapatkan bantuan gedung BLK, juga mendapat fasilitas pelengkap, berupa komputer. Sebanyak 16 unit. Lebih dari itu, 2 orang dari Ponpes AFNA mengikuti pelatihan selama 2 bulan di Jakarta. Dengan demikian, maka setelah selesai, bangunan ini bisa langsung difungsikan.

‘’Bantuan ini paket lengkap. Selain gedung lengkap dengan fasilitas, komuter. Juga peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia, red),’’ jelas Gus Huda.

Disampaikan Gus Huda, pemanfaatan BLK ini dikhususkan untuk santri. Terutama tingkat SMP. Dengan demikian, maka para santri menguasai pengoperasian komputer. Khususnya desain grafis. Keberadaan ini, merupakan salah satu nilai plus dari Ponpes AFNA. Di mana para santri mendapat banyak ilmu. Selain ilmu umum, ilmu agama, juga teknologi.

‘’Alhamdulillah antusias masyarakat untuk belajar di AFNA terus meningkat. Dalam waktu 1,5 tahun, jumlah murid lebih dari 100. Baik untuk SD maupun SMP,’’ tambah Gus Huda.

Masih Gus Huda, kemajuan Ponpes AFNA ini, tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Baik secara pribadi, perusahaan swasta hingga pemerintah. Gus Huda juga menyampaikan, saat ini Ponpes AFNA memiliki 1 unit mobil operasional. Mobil tersebut merupakan bantuan dari mantan Kapolres Mukomuko, Kombes Pol Wisnu Widarto. Keberadaan mobil ini sangat besar pengaruhnya terhadap antusias warga untuk sekolah di Ponpes AFNA. Mobil tersebut digunakan untuk antar jemput siswa.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: