Bupati Sapuan Sampaikan Capaian Visi Misi Pembangunan Daerah

Bupati Sapuan Sampaikan Capaian Visi Misi Pembangunan Daerah

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA beberkan capaian visi misi pembangunan daerah di hadapan tamu undangan dan peserta kegiatan peragaan Batik Tando Pusako (batik khas Mukomuko) yang digelar di aula Bappelitbangda Mukomuko, Kamis, 1 Desember 2022 lalu. 

Dalam pidato resmi pada pembukaan acara peragaan Batik Tando Pusako kemeriahan HUT ke 23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mukomuko tersebut, Bupati Sapuan menyampaikan bahwa beberapa program yang dijanjikan pada masa kampanye sebagian besar telah dilaksanakan dan program itu merujuk kepada visi misi kepala daerah,  ‘’Terwujudnya masyarakat Kabupaten  Mukomuko, yang maju, mandiri, berkarakter dan sejahtera berbasis agro, perikanan, dan berilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta beriman dan bertaqwa’’.  

Dijelaskan Bupati, selama kurang lebih dua tahun kepemimpinannya, pihaknya telah memperhitungkan kesejahteraan guru MDA/TPA. Dengan meningkatkan honorarium tenaga guru ngaji.

‘’Guru-guru ngaji sudah kita tingkatkan kesejahteraannya,’’ sampai Bupati. 

Kemudian, terkait dengan janji pemberian bahan seragam sekolah gratis kepada siswa SD dan SMP, kata Bupati, dalam realisasinya ditingkatkan menjadi seragam sekolah gratis. Ia juga menyampaikan, realisasi seragam gratis bagi siswa ini berangkat dari dukungan dan kerjasama dari legislatif. 

‘’Kita menjanjikan pemberian seragam gratis kepada siswa. Dulu kita janjikan bukan seragam gratis, alhamdulillah atas kebersamaan eksekutif dan legislatif, menjadikan baju seragam gratis,’’ imbuhnya.  

Walau demikian, ia mengakui terkait dengan seragam sekolah gratis ini, masih menemukan keluhan dari sekolah di bawah naungan kementerian agama karena belum tersentuh. Pihaknya tidak tinggal diam, dan tetap akan berupaya mencari celah agar program tersebut dapat menyentuh sekolah di bawah naungan Kemenag. 

‘’Jika secara regulasi ini dibolehkan, atas kebersamaan eksekutif dan legislatif, harapan saya ini bisa kita wujudkan,’’ ulasnya. 

Terkait dengan janji membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Disampaikan Bupati, atas kerjsama dan sinergitas dengan TP PKK, pihaknya telah melaksanakan berbagai program pelatihan dan bimbingan teknis melibatkan masyarakat. Seperti halnya, belajar membatik, melatih tatacara dan teknis pemasaran produk dan menambah inovasi di bidang usaha, terutama industri rumahan. 

‘’PKK dan DW Kabupaten Mukomuko sudah sukses. PKK bersinergi membantu masyarakat dalam memasarkan produk-produk unggulan daerah,’’ ujarnya.  

Tak kalah penting, janji pembangunan Rumah Adat Mukomuko. Bupati mengatakan bahwa tahun ini sudah dilaksanakan pembangunan tahap satu. Menurutnya, pembangunan ini tetap dilanjutkan ke tahun berikutnya. Ia menargetkan, tahapan pembangunan dapat dituntaskan setidaknya di tahun 2024 mendatang. 

Begitu juga di bidang pengembangan wisata dan seni budaya daerah. Beberapa waktu yang lalu, Bupati bekerjasama dengan Yayasan Fatmawati Soekarno, hadir dalam sebuah kegiatan berskala nasional di Jakarta. Dimana, pakaian adat Kabupaten Mukomuko dipamerkan melalui Yayasan Fatmawati Soekarno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bupati sapuan