Pelatihan Ketahanan Pangan Desa Pondok Tengah

Pelatihan Ketahanan Pangan Desa Pondok Tengah

--

V KOTO, RADARMUKOMUKO.COM  - Desa Pondok Tengah, Kecamatan V Koto mengadakan pelatihan ketahanan pangan peternakan sapi yang berlangsung di aula Desa Pondok Tengah, Selasa (29/11). Pelatihan sebagai program prioritas, dimana disebutkan 20 persen penggunaan Dana Desa tahun 2022 peruntukannya Ketahanan Pangan, Hewani dan Nabati. Ini sesuai dengan Perpres no 104 2021 tentang Rincian APBN 2022. Pelatihan dibuka langsung Kepala Desa (Kades) Pondok Tengah, Misran dan diikuti oleh kelompok penerima bantuan ternak sapi. Dalam sambutannya, Misran menyampaikan pelatihan dalam rangka prioritas penggunaan 20 persen Dana Desa untuk Ketahanan pangan.

''Semoga kelompok tani yang mengikuti pelatihan dapat memahami materi yang diberikan. Mengingat kendala yang dialami peternakan sapi saat ini adalah Penyakit mulut dan Kuku (PMK),'' terang Kades.

Ia juga berharap materi yang didapat kelompok tani atau penerima bantuan, bisa menjadi ilmu yang diterapkan pada saat menjalani kegiatan di kemudian hari. Karena program ketahanan pangan ini akan dijadikan tronosan peternakan moderen. Untuk mewujudkan ini, tahun depan pemerintah desa akan menganggarkan dana desa untuk pengadaan mesin pakan ternak, pembangunan kandang ternak dan pengelolaan limbahnya.

''Jadi pengembangan ternak sapi ini dilakukan secara moderen, biar sapi yang dikembangkan lebih sehat dan tidak mengganggu ketertiban masyarakat desa,'' ujar Kades.

Dikatakannya juga, ada sebanyak 20 ekor sapi yang bakal dibagikan pada 5 kelompok penerima. Masing-masing kelompok akan menerima 4 ekor sapi, dimana satu kelompok teridiri dari 8 orang atau anggota. Untuk penyerahan bantuan ini sendiri pemerintah desa masih menunggu penyaluran dana desa tahap tiga.

''Sapinya sudah ada, kita tinggal menunggu pencairan DD tahap III. Karena anggaran untuk ketahanan pangan ini di dana desa tahap tiga. Mudah-mudahan minggu depan dana desa tahap tiga sudah cair dan langsung kita bagikan ternaknya,'' jelas Kades.

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat (Sekcam) V Koto, Yesi Yulianti, SH, mengharapkan keseriusan dari peserta saat menjalani pelatihan ini. Semoga dengan program ini bisa meningkatkan penghasilan dan ketananan pangan desa. Sehingga juga berdampak pada peningkatan kebutuhan gizi Desa Pondok Tengah.

''Dengan adanya pelatihan ini semoga bisa menambah wawasan warga desa dalam pengembangan ternak sapi, terkhususnya kelompok penerima bantuan,'' harap Sekcam.

Hadir dalam acara pelatihan ini, Sekcam V Koto, Yesi Yulianti, Babinsa, Babinkamtibmas serta anggota BPD. Juga ikut hadir dokter hewan dari Distan Mukomuko, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) V Koto, TAPM P3MD dan tokoh masyarakat Desa Pondok Tengah. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: