Dipecat, Adnan Hamidi Serahkan Jabatan

Dipecat, Adnan Hamidi Serahkan Jabatan

--

TERAMANG JAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Kemarin, Senin (28/11) berlangsung serah terima jabatan Kades Brangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya. Adnan Hamidi, menyerahkan jabatannya kepada Sekdes, Eki Sukarno. Serah terima ini dilakukan, menyusul dipecatnya Kades Brangan Mulya, oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA. Serah terima jabatan bertempat di kantor Desa Brangan Mulya, sekitar pukul 10.30 WIB. Disaksikan oleh perangkat desa, dan Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos. Serah terima jabatan ini dilakukan, 3 hari setelah diterimanya surat Keputusan bupati Mukomuko, nomor 100-673 tahun 2022. Tentang pengesahan pemberhentian kepala Desa Brangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Kepada wartawan koran ini, Abdul Hadi, menyampaikan, dengan berhentinya Adnan Hamidi, maka saat ini Brangan Mulya dipimpin oleh Eki Sukarno, selaku Sekdes yang ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Kades Brangan Mulya. Langkah selanjutnya, camat akan mengusulkan Penjabat (Pj) Kades. Dikatakan camat, kewenangan Plt. Kades terbatas. Disisi lain, desa yang menghadapi agenda penting, terkait program pemerintah desa, tahun 2023. Sehubungan dengan itu, keberadaan Pj. Kades dibutuhkan segera. Pj. Kades memiliki kewenangan yang lebih laus. Pasalnya Surat Keputusan (SK) Pj. Kades dikeluarkan oleh bupati. Begitu juga dengan pengambilan sumpah dan pelantikannya.

‘’Secepatnya kami koordinasi untuk usulan Pj. Kades ke Pemkab. Karena berkaitan dengan hal-hal strategis RKP Desa, RAPBDesa 2023. Termasuk keuangan desa 2022 ini,’’ jelas Abdul Hadi.

Untuk program yang lebih panjang, pemerintah desa akan menggelar pemilihan kepala desa Pergantian Antar Waktu (PAW). Pemilihan Kades PAW harus dilakukan, karena Adnan Hamidi, baru menjalankan tugas sebagai Kades, selama 11 bulan. Besar kemungkinan, pemilihan Kades PAW akan dilakukan pada 2023 mendatang. Selain karena tahun 2022 ini menyisakan 1 bulan, biaya juga menjadi hal penting.

‘’Tugas Pj. Kades ini, nanti bersama BPD menyelenggarakan pemilihan Kades PAW,’’ demikian Abdul Hadi.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: