KPPN dan KP2KP Mukomuko Utus 22 Relawan, Sukseskan Program Kemenkeu Mengajar

KPPN dan KP2KP Mukomuko Utus 22 Relawan, Sukseskan Program Kemenkeu Mengajar

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP ) Mukomuko mengutus 22 relawan untuk menyukseskan pelaksanaan program Kemenkeu Mengajar di SMPN 1 Mukomuko, Senin, 28 November 2022. 

Sehari di SMPN 1 Mukomuko, para relawan utusan KPPN dan KP2KP memberikan edukasi kepada siswa, terutama tugas dan fungsi institusi keuangan negara.   

Kepala KP2KP Mukomuko, Tomi Wiranto bersama Kepala KPPN Mukomuko Wahyu Budiarso, mengungkapkan, Kemenkeu Mengajar ini merupakan program kerja sama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.  

Dikatakan Tomi, sasaran program ini adalah kalangan pelajar, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat. 

‘’Untuk di Kabupaten Mukomuko, pelaksanaan program Kemenkeu Mengajar di gelar di SMPN 1 Mukomuko,’’ ungkap Tomi.  

Dijelaskan Tomi, program Kemenkeu Mengajar dilaksanakan secara serentak di 37 provinsi se Indonesia. Khusus untuk Provinsi Bengkulu, tahun ini dilaksanakan di 3 daerah, Kabupaten Rejang Lebong, Kota Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko.    

‘’Program ini dimulai dari upacara bendera, senam sehat dan pemberian materi. Dan ini serentak dilaksanakan di 37 provinsi,’’ imbuhnya. 

Adapun tujuan program Kemenkeu Mengajar bertujuan untuk pengenalan institusi keuangan negara. Diantaranya, berkaitan dengan perencanaan keuangan, penggunaan anggaran hingga menjelaskan tentang fungsi dan tugas dari Kemenkeu itu sendiri. 

‘’Termasuk di sini penggunaan anggaran salah satunya untuk inklusi pendidikan,’’ ujar Tomi. 

Sasaran dari kegiatan ini meliputi siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Luar Biasa (SLB).

Terkhusus di Mukomuko, pihaknya memilih tempat kegiatan di SMPN 1 mewakili dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Mukomuko. 

‘’Ini mengingat masih kurangnya tenaga relawan Kemenkeu baik itu dari KPPN maupun dari KP2KP. Tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun berikutnya akan dilaksanakan di jenjang  SD maupun SMA,’’ paparnya. 

Kepala SMPN 1 Marni Juwita, S.Pd menambahkan, program Kemenkeu Mengajar ini pertama kali dilaksanakan secara tatap muka. Untuk dua tahun terakhir, kegiatan ini dilaksanakan secara Daring, karena terkendala pandemi Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: