BKAD Teras Terunjam Sukses Gelar Pelatihan Ke-4

BKAD Teras Terunjam Sukses Gelar Pelatihan Ke-4

--

TERAS TERUNJAM, RADARMUKOMUKO.COM - Pelatihan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) resmi ditutup, oleh Camat Teras Terunjam, Iskameri, S.Pd, M.Si. Oleh Kamis (24/11). Bertempat di aula kantor Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Teras Terunjam. Pelatihan berlangsung selama 3 hari. Selasa hingga Kamis (22-24/1). Diikuti 24 peserta. Terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara BUMDes. Mereka berasal dari 8 desa yang ada di Kecamatan Teras Terunjam. Pelatihan ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan oleh Badan Kerja Sama Antara Desa (BKAD). Ketua panitia kegiatan dipercayakan kepada Weni Agus Riansa, S.Pd. Sekdes Talang Kuning.

Perwakilan peserta Alip Sidik Indrawanto, S.Pd, mengucapkan terima kasih atas dilasakannya pelatihan ini. ia mengaku, banyak menerima ilmu baru, selama mengikuti pelatihan ini. Wakil peserta dari Tunggal Jaya, ini, berharap kegiatan yang sama bisa dilaksanakan lagi. Setidaknya sekali dalam setahun.

‘’Setelah dibekali ilmu, selama 3 hari, wawasan kami bertambah. Mudah-mudahan BUMDes di Teras Terunjam, segera bangkit. Lebih berkembang dan maju,’’ ungkap Alip. 

Ketua BKAD, Sabar Eko Wibowo, atas nama BKAD terima kasih. Terutama kepada Kades Tunggal Jaya, atas fasilitas yang disediakan. Juga kepada panitia, saya telah melaksanakan pelatihan ini. Dalam 2 minggu terakhir, telah melaksanakan 2 pelatihan. Secara berturut-turut. Lelah sudah pasti. Terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan selama 3 hari. 

''Terima kasih juga kepada camat, atas dukungan dan bimbingan. Sehingga acara pelatihan berjalan lancar. 

Wakil Kades, Mulyatman, mengatakan setelah pelatihan, pengurus BUMDes, bisa membaca peluang usaha. Setidaknya di desa masing-masing. Rugi, menjadi bagian risiko usaha. Jangan putus asa. 

''Mari kita sama-sama kembangkan potensi usaha yang ada di desa kita masing-masing,'' ajak Kades Mekar Mulya ini. 

Camat Teras Terunjam, Iskameri, S.Pd, M.Si menyampaikan panitia luar biasa semangatnya. Dukungan dari Kades tidak kalah penting. Dukungan dimaksud berupa persetujuan atas anggaran untuk pelatihan ini. Iskameri mengibaratkan, setumpul apapun parang, jika diasah terus-menerus, akan menjadi tajam. Begitu juga dengan peserta pelatihan. Jika selalu belajar akan pintar. Ilmu yang didapat selama pelatihan, bisa terapkan dan dikembangkan. Komunikasi bisnis menjadi salah satu kunci penting. Tidak kalah penting untuk selalu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Di kecamatan, ada Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang), bisa dijadikan tempat diskusi dan belajar. Memperluas jaringan sangat penting untuk mengembangkan usaha, Bumdes. 

''Jangan malu untuk bertanya dan terus belajar. Sukses selalu untuk Bumdes, se-Kecamatan Teras Terunjam'' demikian Iskameri.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: