Tim Monev Kecamatan V Koto Turun

Tim Monev Kecamatan V Koto Turun

--

Kades Siap Terima Kritik Dan Saran

V KOTO, RADARMUKOMUKO.COM - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana Desa (DD) Kecamatan V Koto memeriksa realisasi pemanfaatan DD tahap II Tahun 2022. Kehadiran Tim Monev itu untuk memastikan realisasi DD sesuai dengan perencanaan dan regulasi yang berlaku. Kegiatan monev ini dipimpin Camat V Koto, Ali Muchsin, S. Pd, M. AP. Peninjauan kegiatan monev meliputi kegiatan fisik pembangunan, program ketahanan pangan hingga administrasi. Tim monev memeriksa ketepatan pelaksanaan hingga memberikan pembinaan dan tata kelolah sistem administrasi. 

Camat, Ali Muchsin berpesan agar pihak desa memanfaatkan dan menggunakan anggaran dana desa sebaik-baiknya untuk pembangunan desa. Baik itu pembangunan jalan, pemberdayaan hingga penyaluran BLT-DD.

"Kami melaksanakan monev setiap selesai semesteran, kami akan cek hasil pembangunannya dan adminitrasinya. Hal ini agar tidak terjadi penyimpangan, " ujar Ali Muchsin.

Sambungnya, kegiatan monitoring ini bermaksud untuk memastikan ketertiban administrasi dan kondisi fisik proyek di lapangan. Untuk di Kecamatan V Koto tim monev telah turun ke 7 desa. Diantaranya Desa Pondok Tengah, Sungai Lintang, Sungai Rengas, Talang Sakti, Talang Petai, Talang Sepakat dan Lubuk Cabau. Sedangkan tiga desa lainnya belum dilakukan monev yakni Desa Lalang Luas, Resno dan Pondok Panjang. Untuk desa yang sudah di Monev, kata Ali Muchsin, harus siap menerima kritikan dan saran. Serta segera menindaklanjuti catatan-catatan dari tim monev terkait pembangunan. 

"Kami lakukan monev hanya sebatas untuk mengetahui sejauh mana pembangunan yang dialokasikan menggunakan anggaran DD. Yang mana hanya bersifat pemeriksaan dan pembinaan sesuai tufoksi kami" kata Ali Muchsin. 

Sementara itu, salah satu kades di wilayah V Koto menyatakan siap menerima kritikan dan saran dari tim monev kecamatan. Karena saran dan kritikan itu bertujuan pembinaan agar realisasi DD tepat sasaran. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kades Resno, Mardalius. Lebih lanjut Mardalius juga mengucapkan terima kasih kepada tim monev dari Kecamatan V Koto yang telah bersedia memeriksa realisasi DD Tahap II Tahun 2022 di wilayah V Koto. Ia berharap melalui kegiatan tersebut realisasi program telah sesuai dengan aturan yang berlaku. 

 "Alhamdulillah kegiatan monev di wilayah ini berjalan lancar, meskipun di desa kita belum melaksanakan monev. Terima kasih kami ucapkan kepada tim monitoring dan evaluasi dari pihak kecamatan yang sudah membantu dan memberikan pembinaan kepada desa di wilayah ini. Kami  siap menampung kritik dan saran untuk keberhasilan pembangunan dan administrasi di desa," tutup Mardalius. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: