Diskominfo Targetkan Seluruh Desa Miliki Internet

Diskominfo Targetkan Seluruh Desa Miliki Internet

Ilustrasi--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM -  Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika menargetkan tahun 2024 semua desa memiliki akses internet. Guna mendukung desa digital di daerah ini. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Novria Eka Putra, mengatakan dari 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan, sebanyak 66 desa diantaranya telah memiliki akses internet sejak tahun 2021-2022. Dari sebanyak 66 desa tersebut, sebanyak 10 desa dibangun akses internet oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2021 dan 16 desa pada 2022. Tahun 2022 Dinas Kominfo membangun akses internet di 40 desa. Selanjutnya instansinya akan memperpanjang langganan internet di 40 desa pada 2023. Selain itu, tahun 2023 pemerintah daerah akan membangun akses internet di 23 desa di daerah ini.

‘’Kita targetkan pembangunan akses internet dapat diselesaikan tahun 2024 dan tidak tertutup kemungkinan lebih cepat,’’ ujar Novrika, kemarin (15/11) 

Pemerintah daerah mengalokasikan dana sebesar Rp276 juta untuk perpanjangan langganan internet di 40 desa dan pembangunan akses internet di 23 desa. Ia menerangkan, mayoritas peralatan internet tersebut dipasang di kantor desa dan peralatan ini juga bisa dipasang di fasilitas umum di desa.

Selanjutnya, ia menyarankan, pemerintah desa menggunakan dana desa untuk membuat fasilitas seperti pondok untuk masyarakat yang ingin mengakses internet di kantor desa.

Ia mengatakan, pembangunan akses internet di semua desa ini merupakan program prioritas bupati. Sudah seharusnya program ini didukung oleh instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang membangun fasilitas dan Dinas Lingkungan Hidup menyediakan tempat sampah di lokasi pembangunan jaringan internet.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: