Berbagai Kontroversi Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

Berbagai Kontroversi Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

--

JAKARTA, RADARMUKOMUKO.COM - Tanggal 20 November 2022 mendatang akan berlangsungnya Piala Dunia 2022 di Qatar, dengan mempertemukan tuan rumah Qatar vs Equador.

Tentunya hal ini menjadi tontonan yang menarik bagi para penggemar sepak bola yang ada di seluruh Dunia.

Dan sudah ada banyak sekali dari para penggemar yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan perhelatan terbesar dalam Dunia Olahraga Sepak Bola tersebut.

Diselenggarakan oleh FIFA, Piala Dunia menjadi perhelatan akbar sepak bola dalam empat tahun sekali.

Kompetisi sepak bola terbesar ini mempertemukan berbagai negara yang lolos dari kualifikasi yang diadakan di berbagai benua.

Maka dari itu, setiap pertandingan Piala Dunia dimulai, pasti berbagai Negara di belahan bumi ini ikut antusias dalam merayakannya.

Dilansir Disway.id melalui 90min.com, perubahan jadwal Piala Dunia yang dilakukan oleh FIFA yang sebelumnya dijadwalkan Bulan Juni sampai Juni menjadi Bulan November sampai Desember tahun ini tentunya menimbulkan banyak kontroversi.

Salah satunya ialah jadwal yang dianggap mempengaruhi bahkan mengganggu banyak sekali liga-liga bola besar seperti  Liga Inggris, Bundesliga, Liga Italia (Serie A), La Liga, dan Ligue 1.

Liga Inggris

Salah satu dari Liga Top Eropa ini, tentunya memiliki jadwal pertandingan yang sangat padat.

Dikarenakan Jadwal Piala Dunia 2022, Liga Inggris akan berhenti dahulu pada Tanggal 13 November 2022 dan akan dilanjutkan pada Tanggal 26 Desember 2022 yang akan datang.

Bundesliga

Liga satu ini juga meliburkan jadwalnya pada dimulai Tanggal 12 November dan akan mulai kembali pada pertengahan Januari 2023.

Liga Italia (Serie A)

Sama saja seperti Bundesliga yang mulai libur pada Tanggal 12 November 2022, namun Liga Italian akan dimulai lebih cepat yaitu 4 Januari 2023.

La Liga

Untuk Liga yang satu ini, akan diliburkan semenjak Tanggal 11 November 2022, lalu akan kembali dimulai di penghujung Tahun 2022.

Ligue 1

Ligue 1 akan mulai libur semenjak Tanggal 13 November 2022 dan berlanjut mulai Tanggal 28 Desember 2022 ini.

BACA JUGA:Jadwal Paling Lengkap Piala Dunia 2022

 

Selain mempengaruhi jadwal Liga – Liga besar Eropa, Perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar juga memunculkan kontroversi yang berasal dari Timnas Inggris.

Di antaranya terdapat beberapa pemain sorotan yang masuk dan membela Timnas Inggris dalam Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung.

Keempat pemain tersebut ialah Raheem Sterling, Trent Alexander Arnold, Harry Maguire, dan Connor Galagher.

Raheem Sterling, adalah seorang pemain yang saat ini berada di Tim Chelsea.

Sampai saat ini, Sterling sendiri dinilai belum memberikan kontribusi yang besar dalam beberapa laga terakhirnya.

Trent Alexander Arnold sendiri merupakan pemain Tim Liverpool yang menempati posisi bek sayap.

Pada musim ini, Alexander dinilai buruk dalam permainannya. Pemanggilan dirinya oleh Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate tentunya menyebabkan pro dan kontra dalam kalangan pendukung Timnas Inggris.

Harry Maguire, sang bek Manchester United ini juga menjadi salah satu pemain Timnas Inggris dalam Piala Dunia 2022 yang menjadi sorotan banyak penggemar.

Hal itu dikarenakan buruknya performa Maguire dalam beberapa pertandingan. Bahkan dirinya sempat mengalami cedera yang membuatnya tidak banyak dimainkan.

Connor Galagher menjadi pemain yang menimbulkan kontroversi saat dirinya dipanggil untuk bermain di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Inggris.

Hal itu disebabkan karena kurangnya rasa konsistensi dirinya ketika bermain dengan Tim Chelsea.

Banyak penggemar yang menyayangkan pemanggilan Connor karena menganggap masih ada banyak pemain yang lebih pantas dibandingkan dengan dirinya.

Pagelaran Piala Dunia 2022 Qatar kali ini juga diwarnai banyak sekali masalah yang membuat FIFA angkat bicara untuk menanggapi berbagai kontroversi tersebut.

Melihat penjelasan Giani Infantino selaku Presiden FIFA dalam surat yang dituliskannya bersama dengan Sekretaris Jendral FIFA Fatma Samoura, dirinya meminta seluruh Tim yang bertanding untuk tetap fokus pada pertandingan yang akan datang.

Dirinya juga meminta untuk tidak melibatkan Sepak Bola dengan berbagai masalah politik yang terjadi.

“Tolong untuk tetap fokus dalam Sepak Bola. Kami (FIFA) sadar, bahwa ada banyak sekali tantangan yang bersifat politik di seluruh Dunia. Tolong, jangan biarkan Sepak Bola terseret dalam pertarungan politik yang ada,” tegas Giani dikutip dari Sky News, Minggu 13 November 2022.

Bukan hanya isu politik, masalah lain seperti LGBT dan Perang juga muncul dalam Pialah Dunia 2022.

Negara Iran sempat ditengarai membantu Negara Rusia dalam hal pemasokan senjata untuk menginvasi Negara Ukraina.

Selain itu, Qatar yang dikenal sebagai Negara anti LGBT serta menerapkan hukum anti LGBT ikut mendapatkan berbagai kecaman dari berbagai Negara yang juga masuk sebagai Tim yang akan bertanding di Piala Dunia 2022.

Giani Melajutkan, “Salah satu kekuatan terbesar di dunia adalah keberagaman. Tidak ada budaya dan bangsa yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain."

'Prinsip ini adalah salah satu fondasi yang paling dasar dari saling menghormati dan nondiskriminasi serta merupakan salah satu dari nilai Sepak Bola,”.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Giani Infantino akan menerima semua penggemar tanpa memandang hal apapun.

Salah satu petinggi Piala Dunia 2022 Qatar Nasser Al Khater sudah menanggapi dan menjelaskan bahwa akan menerima penonton LGBT, namun masih dalam suatu batasan tertentu. (disway)

Artikel ini sudah terbit di disway.id dengan judul “Deretan Kontroversi Dibalik Piala Dunia 2022 Qatar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id