Bupati Mukomuko Realisasikan Janji Layanan Internet Gratis

Bupati Mukomuko Realisasikan Janji Layanan Internet Gratis

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko Sapuan – Wasri realisasikan janji kampanye, berupa program perluasan jaringan dan layanan internet gratis di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

Di tahun 2021, pemasangan jaringan internet gratis dilaksanakan untuk 10 desa. Program ini berlanjut, di tahun 2022 bakal dilaksanakan pemasangan jaringan di 56 desa.   

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, Heri Junaidi, M.Ph didampingi Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Yunaldi Asri, S.Pt mengungkapkan, program pemasangan jaringan internet tahun 2022 di 56 desa, sebagian merupakan bantuan program Direktorat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebagian lagi, bersumber dari dana APBD Kabupaten Mukomuko. 

BACA JUGA:Mukomuko Usulkan Ribuan UMKM Calon Penerima BPUM

‘’Di 2021, internet desa terealisasi 10 BTS (Base Transceiver Station). Tahun ini, jumlah pemasangan 56 BTS. Secara rinci, 16 BTS di bawah koordinasi langsung Direktorat BAKTI Kementerian Kominfo, dan 40 BTS dari APBD Mukomuko,’’ ungkap Yunaldi ketika ditemui Rabu, 9 November 2022. 

Dijelaskan Yunaldi, program pemasangan internet desa bantuan Kementerian Kominfo atas usulan daerah. Adapun desa yang bakal mendapatkan bantuan jaringan internet, berangkat dari data yang disampaikan Dinas PMD dan Kominfo hanya bersifat melanjutkan usulan ke kementerian. 

Sebelum dokumen usulan disampaikan ke pusat, perlu dilengkapi dengan dokumen lain. Kata Yunaldi, Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko melalui Bidang Aptika juga turun ke lapangan untuk melakukan cek koordinat serta dokumen pembebasan lahan lokasi pembangunan. 

‘’Dari sejumlah desa yang diusulkan, hanya dikabulkan untuk 16 desa. Hasil koordinasi kami pada tanggal 4 Agustus lalu, surat persetujuan pembangunan jaringan internet desa telah diterbitkan Kementerian Kominfo. Tinggal menunggu tim dari pusat untuk melaksanakan pemasangan jaringan,’’ urainya.  

Sementara untuk kegiatan pemasangan jaringan internet di 40 desa yang bersumber dari APBD Mukomuko 2022. Kata Yunaldi, saat ini masih dalam proses. Diperkirakan, pada Desember mendatang, giat pemasangan jaringan dapat dituntaskan. 

‘’Jika program tahun ini terlaksana, total desa yang bakal mendapatkan pelayanan internet gratis sebanyak 90 desa. Selebihnya, atau 58 desa lagi akan kita usulkan kembali melalui program kerja dan anggaran tahun 2023,’’ terangnya. (nek)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: