2023, Siswa Langsung dapat Seragam Sekolah Gratis

2023, Siswa Langsung dapat Seragam Sekolah Gratis

Arni Gusnita, S.Pd.AUD, MM--

MUKOMUKO.RADARMUKOMUKO.COM – Pengadaan seragam sekolah gratis untuk murid SD dan SMP sesuai program bupati, pada tahun pertama ini dinilai terlambat. Masing-masing siswa sudah lebih dahulu membeli baju secara mandiri. Buktinya sampai sekarang seragam belum juga dibagikan pada penerima, karena masih proses pengadaan. Dinas pendidikan dan kebudayaan Mukomuko selaku leading sektor pengadaan seragam mengakui dan menjadi pembelajaran untuk tahun berikutnya.

Disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko, Arni Gusnita, S.Pd.AUD, MM, untuk tahun depan sesuai dengan program bupati, pengadaan seragam kembali dilakukan. Ia memastikan untuk tahun depan pengadaannya akan lebih awal, sehingga pakaian gratis bisa dibagikan pada penerima diawal tahun pembelajaran. Sehingga orang tua siswa dapat menghemat pengeluaran untuk pendidikan anaknya.

‘’Tahun ini harap dimaklumi, karena baru perdana hingga perlu waktu untuk melakukan proses pengadaannya. Tahun depan kita upayakan siswa baru bisa langsung menerima seragam gratis. Hingga orang tua tidak perlu lagi membeli seragam yang sejenis,’’ katanya.

BACA JUGA:Kanwil DJPb Bengkulu Minta Pemkab Mukomuko Pertahankan Predikat WTP

Untuk persiapan tahun depan, pihaknya sudah mendata potensi calon penerima seragam gratis, yaitu diambil dari jumlah anak PAUD/TK yang bakal masuk SD dan dari data anak kelas 6 yang akan masuk SMP. Jumlah seragam gratis yang bakal disediakan, sedikitnya sebanyak 6.809 stel. Seragam gratis tersebut khusus untuk siswa baru. Baik itu siswa yang baru masuk kelas 1 di sekolah dasar (SD). Maupun siswa baru yang masuk kelas 7 sekolah menengah pertama (SMP). Rinciannya calon murid SD sebanyak 3.428 orang dan untuk SMP, sebanyak 3.381 siswa. 

‘’Maka kita yakin tahun depan bisa cepat, karena kita sudah memegang data. Penerimanya khusus SD dan SMP saja, dibawah dinas pendidikan Mukomuko. Ukuran nanti kita buatkan ukuran standar saja dan hanya baju seragam nasional merah putih dan putih biru,’’ tuturnya.  

BACA JUGA:SDN 04 Air Bikuk Sukses Ikuti ANBK

Untuk seragam yang sedang diproses, paling lambat sesuai kontrak pada 25 November ini harus selesai. hingga pada akhir bulan atau awal desember sudah dibagikan.

‘’Harapan kita pertengahan bulan sudah selesai semua, hingga bisa langsung dibagikan,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: