Kemenag Mukomuko Cetus Kabar Soal Buku Nikah, Suami Istri Wajib Baca

Kemenag Mukomuko Cetus Kabar Soal Buku Nikah, Suami Istri Wajib Baca

H. Widodo, S.H.I --

RADARMUKOMUKO.COM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko bawa kabar baik bagi pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah. Mereka didata untuk persiapan calon peserta sidang isbat nikah. 

Kabar baik disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko, H. Widodo, S.H.I ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (01/11/2022). 

Pendataan pasangan suami istri calon peserta sidang isbat atas perintah langsung dari Kanwil Kemenag Bengkulu. Perintah ini telah ditindaklanjuti. Kata Widodo, pendataan lapangan juga melibatkan pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) di sejumlah kecamatan. 

‘’Jumlah calon peserta sidang isbat terbatas. Sesuai yang diminta, kuota untuk Kabupaten Mukomuko sebanyak 105 pasangan menikah yang belum memiliki buku nikah. Dari 15 kecamatan, nanti kita ambil 7 pasangan untuk masing-masingnya,’’ ujar Widodo.

Dijelaskan, Isbat nikah merupakan upaya permohonan pengesahan pernikahan yang diajukan ke Pengadilan Agama dan diproses melalui persidangan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. 

‘’Atas dasar itu, Kemang dapat menerbitkan buku nikah dan mencatat pernikahan suami istri," 

Disisi lain, Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kemenag Mukomuko, Timsar Siregar, memperkirakan masih terdapat ribuan pasangan menikah di Kabupaten Mukomuko yang belum memiliki buku nikah. 

‘’Mengacu data lama, mungkin ada dua ribuan pasangan yang belum memiliki buku nikah,’’ katanya. 

Meski demikian, angka ribuan tersebut tidak semuanya dapat diakomodir dalam proses sidang istbat. Pendataan calon peserta disesuaikan dengan kuota yang diminta. 

"Pasangan yang bersedia saja. Tim KUA yang akan mendata," terangnya. 

Perihal rencana tindak lanjut dari pendataan calon peserta sidang isbat, Kemenang Mukomuko bersifat menunggu petunjuk dari Kanwil. 

"Kapan pelaksanaannya, dan bagaimana teknisnya kita masih menunggu petunjuk Kanwil. Termasuk mengenai anggaran, apakah dibantu pemerintah provinsi atau bagaimana, kita belum tahu pasti. Yang jelas, pendataan ini sebagai persiapan, seketika dibutuhkan kita siap,’’ pungkasnya. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: