TP PKK Provinsi Turunkan Tim Supervisi, Evaluasi Program PKK Kabupaten Mukomuko

TP PKK Provinsi Turunkan Tim Supervisi, Evaluasi Program PKK Kabupaten Mukomuko

--

RADARMUKOMUKO.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bengkulu, Hj. Derta Wahyulin Rohidin beserta tim supervisi turun ke Kabupaten Mukomuko dalam kegiatan supervisi 10 program pokok PKK di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, Kamis (27/10/2022). 

Kedatangan rombongan TP PKK Provinsi disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj. T. Nurliyana Habsjah Sapuan, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa dengan Tari Gandai Sanggar Sirih Carano Pondok Lunang.     

Hj Derta Wahyulin Rohidin mengungkapkan, kegiatan supervisi ini, melihat, meninjau dan mengevaluasi serta memberikan masukan terkait program PKK yang telah dilaksanakan di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

Mulai dari pelaksana tertib administrasi PKK, PAAR, UP2K-PKK, Hatinya PKK, Iva Test, Kesatuan gerak PKK KKBPK KES, PHBS, LBS dan Posyandu di tahun 2022.  

‘’Supervisi ini, melihat apa program PKK yang telah dilaksanakan di kabupaten, kecamatan dan desa. Kemudian dievaluasi, diberikan masukan. Kemudian juga ada program dari pusat, yang setiap tahun kita laksanakan, termasuk di daerah,’’ ungkap Hj. Derta Wahyulin. 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj. Nurliyana Habsjah Sapuan menyampaikan bahwa rentang waktu tahun 2021 hingga 2022, TP PKK Kabupaten telah melaksanakan beberapa program kegiatan, terutama program skala prioritas PKK pusat. 

Disampaikan, program pola asuh anak dan remaja di era digital atau Paredi, telah hadir di Kabupaten Mukomuko 2 desa layak anak dan perempuan. Bahkan telah terbentuknya Puspaga (Pusat pembelajaran keluarga) dalam upaya memberikan pelayanan terhadap kekerasan dan perlindungan terhadap anak dan perempuan. Kemudian, kegiatan sosialisasi penyalahgunaan Narkoba oleh pemerintah desa dan PKK desa dan kegiatan sosial lainnya, seperti Jum’at berbagi. 

Kemudian, kata Hj. Nurliyana, TP PKK Kabupaten Mukomuko juga telah menggalakkan program Gelari Pelangi (Gerakan Keluarga dalam Peningkatan Kualitas Ekonomi Keluarga). Selain itu, juga telah melaksanakan program Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman). 

‘’Program Aku Hatinya PKK telah dilaksanakan pembinaan di 15 kecamatan dan desa di Kabupaten Mukomuko, dengan harapan minimal 1 kecamatan terdapat 1 desa yang memiliki Aku Hatinya PKK,’’ terangnya. 

Tak kalah penting, PKK Mukomuko juga memprioritaskan program Keluarga PKK Gagah Bencana, yaitu keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana dan ini masih dalam skala prioritas pencegahan dan penurunan angka stunting.

Masih Hj, Nurliyana, Kabupaten Mukomuko ditetapkan sebagai pilot project stunting oleh PKK Pusat yang berada di Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya. Perlu disampaikan juga, TP PKK bekerjasama dengan OPD terkait, pemerintah kecamatan dan desa juga telah mendirikan Pondok Stunting (Ponsting) sebagai tempat sosialisasi, edukasi mengenai stunting. Edukasi stunting ini, juga melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan, penyuluh KB dan tim lainnya yang tergabung dalam projet stunting.

‘’Selain Ponsting, juga ada dapur sehat atasi stunting atau Dahsyat. Selain di Talang Buai, Ponsting dan Dahsyat juga telah kami bentuk,’’ ulasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: