Pandemi Melandai, Angka Pernikahan di Mukomuko Melonjak

Pandemi Melandai, Angka Pernikahan di Mukomuko Melonjak

--

RADARMUKOMUKO.COM – Pandemi Covid-19 melandai, angka pernikahan di Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu meningkat sekitar 17 persen. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Mukomuko, Damrizal, S.Th.I,. M.Ag ketika di temui di ruang kerjanya, Rabu (26/10/2022). 

‘’Terhitung dari Januari hingga Oktober ini, jumlah pasangan menikah di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak 110 pasang. Angka ini naik dibandingkan tahun 2021 lalu,’’ kata Damrizal. 

Pada Oktober 2021, angka pernikahan di wilayah kerja KUA Kecamatan Kota Mukomuko tercatat sebanyak 94 pasangan. Akan tetapi, buku nikah yang diterbitkan melalui KUA Kecamatan Kota Mukomuko pada Oktober 2021 untuk 114 pasangan. 

‘’Untuk nikah normal ada 94 pasangan. Namun juga terdapat 20 pasangan menikah yang diproses melalui sidang isbat. Sidang isbat ini bagian dari proses untuk penerbitan akta nikah,’’ terangnya. 

Dijelaskan Damrizal, di tahun 2021 ada beberapa pasangan yang berencana melaksanakan prosesi pernikahan, namun tertunda karena pandemi. Mereka pada umumnya melaksanakan prosesi pernikahan di tahun 2022 ini. 

‘’Peningkatan angka pernikahan ini, mungkin juga dikarenakan faktor pandemi Covid yang sudah mulai melandai,’’ ujarnya. 

Disisi lain, Damrizal juga menyampaikan bahwa jumlah tenaga pegawai di KUA Kecamatan Kota Mukomuko masih sangat terbatas. Dari total 12 orang pegawai, hanya 1 orang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebelumnya terdapat 2 orang PNS, namun telah memasuki masa pensiun terhitung April 2021 lalu.    

‘’Untuk jumlah pegawai, memang kami akui masih kekurangan. Posisi sekarang, hanya saya yang berstatus PNS. Selebihnya, 9 orang tenaga penyuluh, 1 orang operator dan 1 tenaga kebersihan masih berstatus non-PNS,’’ pungkasnya. (nek) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: