Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Mukomuko

Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Mukomuko

--

Senam Ceria, Sarapan Bergizi, Bazar Sehat, Hingga Pembagian TTD

RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, melalui Dinas Kesehatan dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, melaksanakan gerakan nasional aksi bergizi secara serentak dan diikuti pelajar tingkat SMP sederajat, Rabu (26/10) pagi.

Di SMP Negeri I Mukomuko, gerakan nasional aksi bergizi  dikemas dalam bentuk kegiatan senam ceria bersama, terpusat di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko.

Usai senam ceria, dilanjutkan dengan sarapan bergizi bersama, bazar makanan sehat dan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) kepala pelajar putri. 

Pantauan radarmukomuko.com, rangkaian kegiatan gerakan nasional aksi bergizi yang bertujuan untuk menekan angka stunting. Di SMPN I Mukomuko, dengan yel-yel ‘’Dengan gerakan aksi bergizi, sehat raga ku, cerdas otak ku, dan berprestasi’’ Stop stunting! disiarkan secara langsung melalui zoom meeting dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

‘’Hari ini, dilaksanakan gerakan nasional aksi bergizi secara serentak. Kita dari TP PKK turut hadir, memberikan semangat dan motivasi atas pelaksanaan program tersebut,’’ kata Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj. T Nurliyana Habsah ketika menghadiri gerakan nasional aksi bergizi di SMPN I Mukomuko.   

Pemerintah mencanangkan gerakan nasional aksi bergizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tablet tambah darah, aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang. Program ini juga bagian dari intervensi pemerintah dalam menekan angka stunting di sejumlah daerah.  

Terkhusus di wilayah Kabupaten Mukomuko, kata Hj. T Nurliyana, masih ditemukan beberapa desa di kecamatan yang persentase angka stuntingnya masih tinggi. Melalui pencanangan ini, ia berharap dapat menurunkan jumlah kasus stunting.  

‘’Dari tingkat presentasi, masih ditemukan beberapa kecamatan yang angka stuntingnya masih tinggi. Tentunya kita berharap dengan intervensi pusat melalui gerakan nasional aksi bergizi ini, dapat menurunkan angka stunting,’’ ujarnya. 

Disisi lain, TP PKK Kabupaten Mukomuko terus bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam rangka mendukung terlaksananya program nasional menekan angka stunting.

‘’Mendukung program penurunan angka stunting, kita dari PKK juga telah menggerakkan pembuatan pondok stunting (Ponsting), kemudian kita melakukan rembuk stunting, serta bersinergi dengan DPMD dan pemerintah desa untuk mempersiapkan program tahun 2023,’’ paparnya. 

Kepala SMPN 1 Mukomuko, Marni Juwita, S.Pd., MM mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya gerakan nasional aksi bergizi. Terutama, kepada TP PKK, pemerintah kecamatan dan komite sekolah yang berkenan hadir pada kegiatan tersebut. 

‘’Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama yang baik dengan semua pihak. Tentunya, kami dari pihak sekolah mengucapkan terimakasih,’’ sampainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: