Wujudkan Lubuk Cabau Jadi Wisata Durian

Wujudkan Lubuk Cabau Jadi Wisata Durian

--

Pemdes Gandeng BUMDes

RADARMUKOMUKO.COM - Secara bertahap Pemerintah Desa Lubuk Cabau, Kecamatan V Koto mulai menggali atau mengembangkan potensi desa. Terutama potensi wisata alam, mulai dari potensi wisata arung jeram, danau, air terjun, bendungan buatan hingga wisata durian. Dalam pengembangan wisata ini, pemerintah desa setempat akan menggandengkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pengelolanya. Iskabar, selaku Kepala Desa Lubuk Cabau berharap, kedepan BUMDes Lubuk Cabau bisa mengambil peran dalam upaya penggalian dan pengembangan potensi yang ada di desa Lubuk Cabau. Dan akan menyatukan satu paket dengan usaha-usaha yang ada di desa untuk meningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Hal tersebut menurut Iskabar, merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintah Desa. 

"Dalam pengelolaan nantinya akan bekerja sama dengan BUMDes. Selain itu juga akan dilibatkan masyarakat terutama pemuda-pemudi dalam mempromosikan wisata Lubuk Cabau ini," ungkap Iskabar. 

Sambungnya, untuk konsep pembangunannya sendiri sesuai dengan potensi yang dimiliki Desa Lubuk Cabau, yaitu arung jeram, air terjun, danau dan wisata buatan berupa bendungan. Selain itu, dalam perjalanan menuju wisata air terjun, danau maupun arung jeram, pengunjung nantinya juga dapat menikmati hasil perkebunan warga desa, seperti buah durian. Bahkan para wisatawan dapat dapat menunggu durian secara langsung di kebun durian. 

"Tahun depan sebagian dana desa akan kita gunakan untuk pengembangan wisata desa ini. Mulai dari pengadaan bibit durian gratis hingga fasilitas pendukung lainnya untuk wisata," tutur Iskabar. 

Tambah Iskabar, ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah desa dalam membangun. Dengan munculnya destinasi desa wisata durian, Lubuk Cabau diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga pendapatan asli desa. Selain itu produk yang dihasilkan masyarakat desa  juga menjadi daya tarik wisatawan.

"Secara tidak langsung, hasil kerajinan tangan warga desa juga menjadi tujuan wisatawan sebagai oleh-oleh. Sehingga usaha kecil menengah di desa ini juga ikut bangkit," sampai Iskabar. 

Sementara itu, Direktur BUMDes Lubuk Cabau, Perdinan, mengatakan bahwa BUMDes siap mendukung program pemerintah desa dalam pengembangan wisata desa. Untuk tahap awal ini, pihaknya tengah menyusun ART dari pengurusan BUMDes ini sendiri, karena ada pembentukan kepengurusan yang baru. Selain itu, pihaknya juga sudah menyusun atau planing dalam pengelolaan potensi wisata yang ada di desa ini. 

"Selain bertujuan meningkatkan PAD desa, pengembangan desa wisata juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat mensejahterakan warga sekitarnya. Saat ini kita tengah mempersiapkan semuanya, mudah-mudahan tahun depan sudah mulai berjalan, " tutup Perdinan. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: