Termakan Isu Gempa, Pelabuhan Bakal Buyar

Termakan Isu Gempa, Pelabuhan Bakal Buyar

--

RADARMUKOMUKO.COM – Rencana pembangunan pelabuhan sesuai visi misi bupati, yang ditargetkan sudah dimulai pada tahun ini, terancam buyar alias batal terlaksana. Diduga termakan isu gempa, semangat pihak investor yang akan digandeng untuk pelabuhan ini mulai down. Padahal persiapan untuk pembangunannya sudah berjalan, tim bupati sudah turun beberapa kali melakukan sosialisasi dan pemetaan lokasi, termasuk rencana ganti rugi lahan warga sudah dirancang.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan, dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Mukomuko, Juni Kurniadiana, S.IP mengakui  dampak isu bakal adanya gempa bumi dengan kekuatan besar atau megathrust di wilayah provinsi Bengkulu, mengakibatkan nyaris gagalnya rencana pembangunan pelabuhan di Mukomuko. Dampak isu tersebut, pihak BUMN terpaksa melakukan survei ulang lokasi pembangunan pelabuhan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya.

‘’Pihak BUMN kembali survei ulang lokasi rencana pembangunan pelabuhan gara-gara keluarnya isu akan terjadi gempa megathrust,’’ kata Juni.

Survei sudah selesai, namun pihaknya belum dapat mengetahui apa hasil finalnya. Apakah mereka akan melanjutkan atau menghentikan sementara rencana pembangunan pelabuhan di tahun ini.

‘’Kita belum tahu seperti apa tindak lanjutnya, apakah tetap dilanjutkan tahun ini atau tidak,’’ paparnya

Juni juga mengatakan, jika tidak ada isu gempa megathrust, maka pihak BUMN mungkin sudah melakukan upaya ganti rugi lahan untuk jalan menuju lokasi pelabuhan. Sebab sudah dilalukan pemetaan dan pegukuran.

‘’Lokasi untuk jalan menuju ke pelabuhan tidak lagi melintasi lahan yang lama. Tapi lokasinya akan dialihkan. Itukan baru sebatas kabar, untuk jelasnya saya belum tahu,’’ ujarnya.

Terkait dengan kesiapan investor, Juni mengatakan semua perusahaan yang ada di Mukomuko sudah siap, hanya masih ada perbedaan persentase kesanggupan investasinya. Intinya bupati tetap berupaya rencana ini terus berjalan sesuai rencana.  Sebab dengan adanya pelabuhan, kedepan akan memberikan nilai positif bagi masyarakat dan daerah.

‘’Dampak adanya pelabuhan di Mukomuko sangat luar biasa sekali. Bukan hanya bisa menampung tenaga kerja, pedagang, dan lainnya juga bisa memberikan pendapatan asli daerah,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: