Kades Ujung Padang Sediakan Pojok Baca

Kades Ujung Padang Sediakan Pojok Baca

--

Demi Cerdaskan Warga Desa

RADARMUKOMUKO.COM - Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, menyediakan pojok baca. Pojok baca tersebut terbuka untuk umum yang di peruntukan untuk warga setempat. Berbagai jenis buku yang tersedia, mulai dari ilmu pertanian, kuliner, pendidikan hingga sejarah. Tarmizi, selaku Kepala Desa setempat menyampaikan, di era tekhnologi yang berkembang saat ini semua sudah serba digital. Namun demikian budaya membaca harus tetap dibangun karena tidak semua masyarakat punya akses ke sana (digital). Dikatakannya juga, dengan adanya perpustakaan umum di desa diharapkan dapat memupuk kembali minat anak-anak untuk kembali ke budaya membaca buku.

''Kita menyadari di era teknologi saat ini, semua serba digital. Tetapi budaya membaca harus tetap kita bangun. Makanya kita sediakan pojok baca di kantor desa, dengan harapan warga yang datang kekantor bisa membaca buku,'' sampai Termizi.

Lanjutnya, untuk buku sendiri diperoleh dari sumbangan dan ada juga yang dibeli sediri. Jenis buku yang tersedia saat ini di antaranya, buku cerita anak-anak dan, tentang ilmu pertanian dan buku pengetahuan lainnya. Diharapkan dengan adanya perpustakaan warga bisa menggali ilmu dan menambah wawasan. Kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, warga desa juga diperbolehkan meminjam buku secara gratis. Dengan catatan buku harus dirawat dan dijaga.

''Warga bisa minjam buku secara gratis, tapi bukunya harus dirawat dan dijaga. kedepan kita bersama perangkat desa akan membuat program desa cinta buku,'' tutup Termizi. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: