Upaya Perkuat Komitmen Pencegahan Stunting

Upaya Perkuat Komitmen Pencegahan Stunting

--

Pemdes Arah Tiga Gelar Rembuk Stunting

RADARMUKOMUKO.COM - Rembuk stunting tahun 2022 berlangsung di Kantor Desa Arah Tiga, Kecamatan Lubuk Pinang, Rabu (12/10). Dilaksanakannya

rembuk stunting ini suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah desa. Dengan tujuan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dan itu dilakukan secara bersama - sama.

Rembuk stunting Desa Arah Tiga secara resmi dibuka oleh Kepala Desa, Marius. Dalam kesempatan itu ia mengatakan, kegiatan ini di laksanakan untuk menindaklanjuti apa yang di intruksikan oleh Pemkab Mukomuko, dalam hal ini Bupati Mukomuko. Dengan tujuan untuk mencegah dan memberi edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Bentuk realisasinya berupa pemberian gizi kepada ibu hamil dan asupan makanan yang sehat kepada bayi dari usia nol sampai dua tahun. Dengan cara inilah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat kita, sehingga langkah pencegahan sejak dini terhadap penanganan stunting bisa sukses," ujar Marius.

Lanjutnya, melalui kegiatan rembuk stunting ini diharapkannya dapat menambahkan pemahaman warga terhadap pencegahan dan penanganan stunting. Terutama bagi Kader Posyandu, PKK dan seluruh elemen yang ada di desa untuk selalu memberikan informasi dan edukasi kepada warga.

"Kalau lebih cepat tersampaikan maka semakin lebih baik hasilnya,” sebut Marius.

Hal senada juga disampaikan Ketua BPD Arah Tiga, Alex Naliarno, SH bahwa ia sebagai mitra kerja pemerintah desa sangat mendukung sekali kegiatan rembuk stunting ini. Karena ini salah satu bentuk sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kesehatan di tengah warga Desa Arah Tiga. Apalagi ini program strategis Nasional dalam upaya penurunan angka stunting di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten.

"Kami sangat mendukung demi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat kami di Desa Arah Tiga ini. Semoga dengan adanya rembuk stunting ini, tidak adanya stunting di desa ini," ungkap Alex.

Sementara, Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE mengapresiasi kegiatan rembuk stunting yang dilaksanakan Pemdes Arah Tiga. Apa yang dilaksanakan pemerintah desa ini sebagai kebersamaan dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan ditengah masyarakat.

”Kami sangat apresiasi kegiatan rembuk stunting yang dilaksanakan Pemdes Arah Tiga. Dan kegiatan ini harus kita lakukan untuk melengkapkan RKPDes tahun 2023. Semoga program ini bisa sukses dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Mukomuko, khususnya seluruh desa di Kecamatan Lubuk Pinang harus bebas stunting," tutup Firdiantoni. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: