Lubuk Gedang Survei Lokasi Rencana Pembangunan 2023

Lubuk Gedang Survei Lokasi Rencana Pembangunan 2023

--

Ada Lima Item Rencana Pembangunan

RADARMUKOMUKO.COM - Beberapa bulan lalu, Pemerintah Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang, telah melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2023. Dalam musyawarah tersebut ada beberapa usulan pembangunan untuk rencana pembangunan di tahun 2023 yang di usulkan. Diantaranya pembukaan badan jalan usaha tani (JUT), pembangunan plat deuker, pembangunan jembatan. Selanjutnya pembangunan drainase di dua titik dan pembangunan irigasi satu titik. Sebanyak lima item pembangunan ini telah dilakukan survei lokasi oleh pemerintah desa bersama pihak kecamatan, BPD, pendamping desa, Babinsa serta perangkat desa setempat. Survei dilakukan sebagai tindak lanjut dari Musdes RKPDes di APBDes tahun 2023.

Kepala Desa Lubuk Gedang, Yunna Asuardi mengatakan, untuk tahun anggaran 2023 mendatang ada 5 item rencana pembangunan yang akan dilaksanakan. Kelima item rencana pembangunan ini tersebar di enam titik lokasi. Semua item pembangunan ini merupakan usulan warga desa yang diusulkan dalam Musdes yang digelar beberapa bulan yang lalu. 

''Semua item rencana pembangunan ini sudah kita survei. Hasil dari survei inilah yang akan menjadi acuan kita dalam menetapkan sebagai prioritas pembangunan tahun depan. Jika semua pembangunan ini tercover dengan dana desa yang desa kita terima, bearti semuanya bakal dikerjakan tahun depan,'' ujar Yunna. 

Lanjutnya, terlaksana atau tidaknya rencana pembangunan ini tergantung dengan warga desa. Jika warga desa mendukung apa yang telah di programkan pemerintah desa tentunya dapat terlaksana seperti yang diharapkan. Begitu sebaliknya, jika warga dan pihak terkait lainnya tidak mendukung, maka otomatis pembangunan tidak dapat berjalan dengan baik. Dengan ini ia mengharapkan warga desa dapat mendukung penuh apa yang telah di programkan pemerintah desa. Karena semua pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa itu merupakan usulan warga desa ini sendiri.

''Intinya dalam pembangunan di desa itu pasti bersentuhan dengan warga desa, seperti pembebasan lahan untuk pembangunan. Saya harap warga mau membantu pemerintah desa dengan menghibahkan lahannya. Sehingga pembangunan yang dikerjakan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,'' sampai Yunna.

Sementara itu, Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE sangat mengapresiasi kinerja pemerintah desa Lubuk Gedang yang dinilai cepat. Ini ia sampaikan, karena Desa Lubuk Gedang merupakan desa pertama di wilayah Lubuk Pinang yang melaksanakan survei lokasi rencana pembangunan untuk tahun 2023. Dengan ini ia juga berharap BPD dan warga desa mendukung program pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa. Dengan harapan semua pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa dapat terlaksana dengan baik.

''Saya harap BPD dan pemerintah desa saling bersinergi dalam pembangunan di desa ini, begitu juga dengan warga desa. Karena semua pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa tentunya untuk kepentingan kita bersama. Jadi, mari kita saling bersinergi untuk membangun,'' himbau Firdiantoni. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: