Rumah Adat Mukomuko Segera Dibangun, Ini Lokasinya

Rumah Adat Mukomuko Segera Dibangun, Ini Lokasinya

--

RADARMUKOMUKO.COM – Pembangunan fisik Rumah Adat Mukomuko, segera dimulai. Begitu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Drs. Yandaryat Priendiana kepada awak media, Rabu (12/10/2022). 

Berkaitan dengan rencana pembangunan, masih berproses. Kata Sekda, untuk sementara ini baru selesai tahap lelang pekerjaan fisik. 

‘’Rumah adat sudah siap lelang. Tinggal dijalankan,’’ ungkap Yandaryat. 

Rumah Adat Mukomuko bakal dibangun berdampingan dengan Masjid Agung di Jalan Imam Bonjol Komplek Perkantoran Pemda Mukomuko. Pembangunan rumah untuk tahap ini senilai Rp 675 juta, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mukomuko 2022. 

Bentuk struktur dan corak bangunan rumah adat tak ubahnya menyerupai Rumah Adat Beni Alam. Rumah adat yang pernah berdiri kokoh di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Mukomuko beberapa tahun silam.  Dijelaskan Sekda, bentuk Rumah Adat Beni Alam hanya sebagai patokan. Diakuinya, ada beberapa item pekerjaan yang dimodifikasi untuk mempercantik bentuk bangunan.  

‘’Patokan rumah adat ini menyerupai Rumah Adat Beni Alam. Sainnya sudah jelas, tidak ada yang komplain. Mungkin nanti, adalah semacam modifikasi ke bentuk yang lebih bagus. Interiornya lebih bagus,’’ imbuhnya. 

Masih Sekda, desain rumah adat dirancang semenarik mungkin. Sehingga, nantinya memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi rumah adat. 

‘’Di samping orang ke masjid, nanti bisa juga menikmati suasana taman di sekitar rumah adat,’’ demikian Yandaryat. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: