Pemkab Mukomuko Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana

Pemkab Mukomuko Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana

--

RADARMUKOMUKO.COM – Wakil Bupati Mukomuko, Ketua DPRD Mukomuko bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh komponen penanggulangan bencana di Kabupaten Mukomuko, mengikuti apel gabungan kesiapsiagaan dan gelar peralatan penanggulangan bencana di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pemda Mukomuko, Rabu (12/10/2022).

Pimpinan apel, Wakil Bupati Mukomuko Wasri mengapresiasi semua stakeholder atas kesiapan apel gabungan dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Mukomuko.

Ketika dikonfirmasi, Wakil Bupati Wasri menginginkan bahwa tidak hanya sekedar siap ketika pelaksanaan apel. Ia berharap kepada semua stakeholder yang tergabung dalam komponen penanggulangan bencana daerah, juga senantiasa bersedia bersama-sama melaksanakan giat penanggulangan bencana apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam. 

‘’Mudah-mudahan dengan adanya apel seperti ini, seluruh stakeholder apabila ada bencana siap bersama-sama dalam penanggulangan bencana,’’ ungkap Wabup. 

Harus diakui, peristiwa bencana sulit ditebak, namun sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Bagi warga Kabupaten Mukomuko yang berada di kawasan dataran tinggi, sewaktu-waktu bisa saja akan berhadapan dengan peristiwa bencana tanah longsor. 

Kemudian, sebagian wilayah Kabupaten Mukomuko juga dikepung beberapa aliran sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir. Tidak hanya itu, 26 desa di wilayah Kabupaten Mukomuko, masuk dalam zona merah, rawan tsunami. Belum lagi ancaman bencana alam gempa bumi dan lainnya. 

Berkaitan dengan potensi bencana alam tersebut, Wakil Bupati berharap melalui peran masing-masing stakeholder dan komponen yang tergabung dalam penanggulangan bencana daerah dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan apabila terjadi bencana.  

‘’Kepada semua komponen, kita juga minta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana,’’ pintanya. 

Kelengkapan Peralatan Penanggulangan Bencana

Disamping kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia (SDM), penanggulangan bencana mesti didukung dengan kelengkapan sarana dan prasarana dan ketersediaan anggaran.   

Hal menarik, ketika pelaksanaan apel gabungan kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Di lokasi kegiatan, terpantau belum dilengkapi dengan alat berat, sedianya sangat dibutuhkan dalam upaya penanggulangan bencana alam. 

Terkait hal itu, Wakil Bupati Wasri mengaku bahwa aset daerah berupa alat berat yang biasa dioperasikan dalam membantu penanganan bencana alam sedang dalam kondisi rusak parah. 

‘’Alat berat pemda rusak, itu PR kita. Pemda butuh pengadaan. Seperti peristiwa longsor di Sendang Mulya, Pemda kita harus pinjam alat ke pihak lain,’’ ulasnya. 

Respon Daerah Terhadap Peristiwa Bencana Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: