Target Panen Ternak Ayam Umur 4 Bulan

Target Panen Ternak Ayam Umur 4 Bulan

Ilustrasi--

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh, menargetkan program ternak ayam kampung panen diumur 4 bulan.

Ternak ayam tersebut adalah program ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD) 20 persen Tahun Anggaran (TA) 2022. Saat ini umur ternak ayam tersebut sudah berusia lebih kurang 2,5 bulan.

Kelompok pengelola program ternak ayam kampung ini, terus melakukan pemeliharaan dengan baik dan benar. Sehingga program ternak ayam kampung yang tengah direalisasikan ini, bisa mencapai target yang ditetapkan.

Kepala Desa (Kades) Pondok Suguh, Alazi mengatakan, selama proses pengelolaan. ia mengaku banyak bibit yang mati. Namun, langsung diganti. Melihat perkembangan saat ini program ternak ayam kampung ini akan berhasil.

Karena minat masyarakat juga sangat antusias dalam mengelola program ketahanan pangan tersebut. "Bibit yang mati banyak.

Tapi sekarang sudah kita ganti. Kemudian tata cara pengelolaan terus dibenahi. Sehingga program ini bisa berhasil. Kita optimis program ini berhasil," kata Alazi saat ditemui diruang kerjanya kemarin.

Lanjutnya, adapun jumlah total pengadaan bibit ternak ayam kampung ini. Sebanyak 4000 ekor. Namun, jumlah bibit yang sudah sampai ke desa 3000 ekor. Sekarang sudah dalam proses pemeliharaan.

Sementara untuk 1000 ekor lagi masih dalam proses pemesanan. Mungkin dalam waktu dekat ini segera sampai. "Jumlah bibit yang sudah kita terima dari pihak penyedia baru 3000 ekor. Kita menargetkan pemeliharaan tahap pertama ini selama 4 bulan sudah bisa panen. Sekarang umurnya baru sekitar 2 bulan lebih. Sekitar 2 bulan lagi mungkin sudah bisa panen," bebernya.

Ditambahkannya, adapun jumlah kelompok pengelola ternak ayam. Ada sebanyak 10 kelompok. Jumlah kelompok pengelola ini sesuai dengan kesepakatan dalam musyawarah sebelumnya.

Sejauh ini masing-masing kelompok bekerja dengan baik. "Untuk hasil panen program ini, nanti kita musyawarah lagi dengan BPD dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Pondok Suguh.

Dengan garapan program ini bisa terealisasi tepat sasaran. Dan sesuai dengan perencanaan," tutupnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: