Sampah Menumpuk di Jembatan Penarik

Sampah Menumpuk di Jembatan Penarik

BUSUK: Tumpukan sampah di jembatan yang ada di Desa Penarik, menyebarkan bau busuk.-SAHAD/RM-

RADARMUKOMUKO.COM – Sebagian oknum masyarakat Kabupaten Mukomuko memiliki kebiasaan buruk, membuang sampah ke sungai. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya tumpukan sampah di jembatan Sungai Air Dikit, di Desa Penarik, Kecamatan Penarik. Sampah tersebut merupakan sebagian kecil, yang tersangkut. Sampah yang masuk ke sungai dipastikan lebih banyak lagi. Berdasarkan pantauan di lapangan, sebagian sampah yang dibuang ke sungai merupakan sampah keluarga. Hal itu dibuktikan dengan adanya pempes bekas anak-anak, ada juga baju anak-anak. Juga terlihat sampah dalam kantong asoy, juga dalam karung.

Kasi Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup, Kecamatan Penarik, Ardiyansyah, S.IP tidak menampik hal tersebut. Ia menyampaikan ada beberapa faktor yang membuat warga membuang sampah ke sungai. Diantaranya adalah, kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, masih sangat rendah. Pemahaman atas risiko yang ditimbulkan juga terbatas. Faktor lain adalah padatnya wilayah permukiman, sehingga warga tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuang sampah. Dan tidak terdapat tempat pembuangan sampah. Akibatnya warga berpikir, membuang sampah ke sungai merupakan langkah paling praktis.

‘’Saya sering ngobrong dengan warga di simpang Penarik. Secara tidak langsung, mereka mengakui membuang sampah ke sungai. Alasannya tidak ada bak penampungan sampah. Lahan kosong mereka tidak punya,’’ ujar Ardi beberapa waktu lalu.(dul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: