Capil Siap Turun Layani Pemilih Pemula

Capil Siap Turun Layani Pemilih Pemula

--

RADARMUKOMUKO.COM Menjelang pemilihan umum 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko, siap turun ke sekolah-sekolah atau kecamatan untuk melayani perekaman e-KTP bagi pemilih pemula. Targetnya menjelang pemilihan serentak, minimal 3000 pemilih pemula sudah memiliki NIK, sehingga mereka dapat menggunakan haknya untuk memilih dan dipilih pada pemilu mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil Mukomuko Epin Masyuardi,SP mengatakan dalam beberapa bulan ini, setidaknya sudah ada 1.400 pemilih pemula yang telah dilayani untuk perekaman. Sekarang juga terus berjalan dan mereka akan turun untuk melakukan perekaman, ke kecamatan-kecamatan. harapannya pihak sekolah dan kecamatan bisa menyiapkan warga yang akan melakukan perekaman saat petugas turun sehingga target yang direkam jelas.

‘’Kalau turun ke sekolah keseluruhan tidak terkejar, maka kita berharap siapkan dulu warga atau pemilih pemula yang akan direkam, sehingga saat kami turun jelas targetnya,’’ katanya.

Lanjutnya, pemilih pemula yang akan direkam bukan saja yang sudah 17 tahun, tapi juga bagi mereka akan berusia 16 tahun. Hanya saja baru sebatas perekaman, untuk pembuatan e-KTP tetap akan menunggu usianya cukup 17 tahun.

‘’Kita melayani rekam dulu. Misal, ada pelajar kita usia 16 tahun, mau merekam data e-KTP sekarang. Kami siap melayani. Tapi, KTP-nya nanti diterbitkan setelah mereka berusia 17 tahun,’’ tegasnya.

Saat ini paparnya, selain melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil yang beralamat Mukomuko, warga wilayah Dapil III meliputi Kecamatan Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Ipuh, Malin Deman, dan Air Rami bisa melakukan perekaman e-KTP di Kantor Kecamatan Ipuh. Epin menambahkan, saat ini Disdukcapil ditarget bisa merekam 3.000 warga yang sudah memasuki usia 17 tahun. Dari target yang diberikan itu, untuk tahap awal Disdukcapil telah menyebar surat undangan perekaman e-KTP sebanyak 1.577 lembar.

‘’Kami tetap berharap peran aktif dari warga. Tapi kami yakin, 3.000 warga yang ditargetkan dapat direkam data e-KTP-nya bisa tercapai pada tahun 2022 ini,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: