Jalan ke Sendang Mulyo Semakin Kritis Longsor dan Runtuh

Jalan ke Sendang Mulyo Semakin Kritis Longsor dan Runtuh

--

RADARMUKOMUKO.COM – Apa yang dikhawatirkan belakangan ini, benar-benar menjadi kenyataan. Kondisi jalan antara Suka Maju – Sendang Mulyo, semakin kritis. 

Setelah terjadi longsor pada Minggu (18/9) lalu, disusul dengan longsor kedua, pada Kamis (22/9). Material longsor kedua belum sempat dibersihkan, disusul longsor berikutnya. 

Lebih parah lagi, jalan bukan hanya tertutup longsor, badan jalan ikut runtuh. Kondisi ini mempersulit keadaan. 

Untuk perbaikan, tidak cukup hanya membersihkan material longsor saja, tapi juga diperlukan pembuatan tanggul jalan dan perbaikan badan jalan. 

Selain butuh biaya besar, waktunya juga tidak sebentar. Sebagaimana disampaikan oleh Sekdes Sendang Mulyo, Rudi, kemarin lusa.

Disampaikan Rudi, curah hujan yang tinggi, membuat tanah sekitar menjadi labil. Longsor pertama 5 hari yang lalu, memicu longsor-longsor berikutnya. Lebih mengkhawatirkan lagi, jika badan jalan putus, terbawa longsor. 

Alat berat yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP), belum berani bekerja karena takut tertimpa longsor. 

‘’Longsor susulan masih terjadi. Bukan hanya tebing, tanggul jalan juga runtuh. Jalan nyaris putus,’’ jelas Rudi.

Disampaikan Rudi, untuk keluar masuk desa, warga Sendang Mulyo, melalui dua jalan alternatif. 

Pertama melalui Bukit Makmur, kedua melalui Sido Mulyo. Meskipun jarak lebih jauh dan kondisi jalan lebih buruk, tapi warga tidak ada pilihan lain. Hasil pertanian warga, berupa Tandan Buah Segar Sawit (TBS) melalui jalur yang sama. 

‘’Biaya langsir jelas lebih besar. Soal potongan harga, itu kebijakan dari tauke,’’ tambah Rudi. 

Bagaimana dengan rencana pembangunan rabat beton menggunakan Dana Desa (DD)? Disampaikan Rudi, sesuai rencana awal, di jalur jalan ini akan dibangun rabat beton. 

Pembangunan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2022. Melihat kondisi terbaru, rencana pembangunan akan dibahas kembali. 

Mengingat waktu yang semakin sedikit, membuat semuanya serba sulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: