Ayam Program Ketahanan Pangan Mulai Panen

Ayam Program Ketahanan Pangan Mulai Panen

SIAP PANEN: Inilah ayam KUB program ketahanan pangan Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya.-IST/RM-

RADARMUKOMUKO.COM Program ketahanan pangan di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Teramang Jaya, mulai memperlihatkan hasil.

Bantuan bibit ayam Kampung Unggul Bapelitbangtan (KUB) kepada kelompok tani sudah besar dan dijual. Penjualan ayam ini baru dimulai Minggu ini.

Setiap ekor ayam dibandrol Rp 40 ribu per ekor. Berat minimal 8 ons. Uang hasil penjualan sebagian digunakan untuk membeli pakan, sebagian lagi dikumpulkan. Dan akan digunakan untuk pembelian Day Old Chicken (DOC) baru. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani, Berkah Unggas, Yusuf Bahtiar, kemarin.

Yusuf mengatakan, dari 600 ekor DOC, saat ini tersisa sekitar 500 ekor. Sekitar 100 ekor mati, pada Minggu pertama DOC tiba. Dari 500 ekor yang ada, sebagian akan dijadikan induk, baik jantan maupun betina.

Sebagian lagi mulai dijual. Penjualan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan berat ayam. Penjualan dilakukan secara perorangan. Anggota kelompok juga diberi kesempatan menjual.

‘’Ayam dilepas dari kandang harga Rp 40 ribu per ekor. Kalau mau cari untuk, boleh dijual lebih, asal pembelinya mau,’’ ujar Yusuf.

Disampaikan Yusuf, setelah disisakan untuk induk, dan ayam terjual semuanya, barulah dilakukan perhitungan. Hasil yang didapat akan dipotong biaya operasional, termasuk pakan.

Sisanya akan dibelikan DOC baru. Bagi bagi anggota kelompok yang siap, bisa ikut memelihara dan membesarkan ayam.

‘’Setiap anggota kelompok diberi kesempatan untuk pelihara sendiri,’’ tambah Yusuf.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: