1.200 Dosis Vaksin PMK Sudah Diimplementasikan

1.200 Dosis Vaksin PMK Sudah Diimplementasikan

Vaksin: Tim Puskeswan memberikan vaksinasi kepada ternak-IST/RM-

RADARMUKOMUKO.COM - Tim Puskeswan Pulai Payung Ipuh, saat ini masih gencarkan pelaksanaan vaksinasi pencegahan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Khusus di wilayah Dapil 3. Saat ini 1.200 dosis vaksin tahap pertama sudah diimplementasikan. Sementara jumlah vaksin tahap pertama yang masih tersedia di Puskeswan Pulai Payung saat ini lebih kurang sekitar 300 dosis. 

Hingga saat ini tim Puskeswan Pulai Payung terus mobile ke wilayah yang luas populasi ternak sapi dan ternak kerbau. Mulai dari wilayah Kecamatan Pondok Suguh hingga wilayah Kecamatan Air Rami.

Kepala Puskeswan Pulai Payung Ipuh, drh. Dede Indra mengatakan, meskipun tenaga kerja di Puskeswan ini terbatas. Namun, pihaknya tetap fokus melakukan vaksinasi. 

Selain itu, pihaknya juga fokus melakukan proses pengobatan terhadap ternak yang sudah positif terinfeksi virus PMK. "Hampir setiap hari kita dari Puskeswan turun ke lapangan memberikan vaksinasi PMK. 

Dan melakukan pemantauan serta pengobatan terhadap ternak yang sudah terjangkit PMK. Kadang kita bagi tim. Ada yang vaksin dan ada yang melakukan pengobatan," kata Dede Indra tempo hari.

Dijelaskannya, pihaknya menargetkan semua dosis vaksin tahap pertama ini harus selesai diimplementasikan dalam waktu dekat ini. Sementara untuk ternak yang dinyatakan positif PMK. 

Diupayakan bisa sembuh total. "Bagi peternak yang mau memberikan vaksin kepada ternaknya. Kita harap ternak tersebut harus ditangkap terdahulu. 

Dengan syarat ternak tersebut belum mengalami gejala virus PMK. Kalau ternak yang sudah mengarah ke virus PMK, itu bukan lagi divaksin. Tetapi dilakukan proses pengobatan," tutupnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: