Kemenag Mukomuko Studi Tiru ke Sidoarjo

Kemenag Mukomuko Studi Tiru ke Sidoarjo

--

MUKOMUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kab.Mukomuko, tengah mempersiapkan program kerja terbaru khususnya untuk KUA-KUA yang ada di Kab.Mukomuko. yaitu dengan meningkatkan pelayanan berbasis digitalisasasi, selain itu fungsi KUA juga bertambah. Bukan hanya sekedar melayani pernikahan saja, juga akan melayani bidang keagamaan, bimbingan kemasjidan, hisap dan rukyat, penentuan arah kiblat, pembinaan keluarga sakinah, dan penguatan ekonomi umat.

Untuk menerapkan program baru ini kepala Kemenag Mukomuko H.Widodo,S.HI bersama kasi-kasinya melakukan studi tiru ke Kemenag Sidoarjo Jawa Timur tentang refitalisasi KUA. Karena  KUA Kecamatan Sidoarjo merupakan KUA pertama yang sukses menerapkan pelayanan tersebut, Karena itulah, KUA Sidoarjo ditunjuk Bimas Islam Kemenag sebagai pilot project revitaliasi KUA 2021 . Saat dikonfirmasikan Widodo membenarkan telah melaksanakan studi tiru ke Sidoarjo. Untuk menjadi KUA Pusaka sakinah ini, ia menjelaskan perlunya persiapan, terutama sarana dan prasana di KUA tersebut. 

“Memang benar kami sudah melaksanakan studi tiru ke Sidoarjo, KUA Kecamatan Sidoarjo merupakan KUA pertama yang sukses menerapkan program KUA pusaka sakinah, artinya memiliki pelayanan terbaik  seindonesia “. Kata Widodo

Sepulangnya dari sidoarjo, Widodo berharap bisa menduplikasikan program kerja KUA tersebut. Sehingga tahun ini KUA Kecamatan Ipuh dipilih untuk pertama kali menjalankan revitalisasi. 

Selanjunya Widodo mengatakan, Kemenag Mukomuko akan terus melakukan pembinaan terhadap KUA, agar bisa lebih optimal memberi layanan kepada masyarakat. Sejumlah persiapan harus segera dilakukan baik secara fisik maupun non fisik. Suasana di kantor pun disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih representatif dan lebih ramah. Contohnya ada front office yang siap menyapa dan menyambut masyarakat yang datang minta layanan. Menyediakan ruang bermain anak, ruang laktasi bagi ibu menyusui, fasilitas untuk penyandang disabilitas, mini perpustakaan dan lainnya yang dianggap perlu

“ Kami dari kemenag akan terus melakukan pembinaan untuk revitalisasi KUA, agar pelayanan bisa lebih optimal kepada masyarakat”. Tutup Widodo. (minda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: