Petani Setuju Tanam Sorgum, Asal Pemasaranya Dijamin

Petani Setuju Tanam Sorgum, Asal Pemasaranya Dijamin

--

IPUH, RADARMUKOMUKO.com  - Rencana penanaman sorgum di wilayah Kecamatan Ipuh disambut baik para petani. Berdasarkan hasil survey Dinas Pertanian beberapa waktu lalu. 

Penanaman sorgum dilaksanakan di lahan persawahan tadah hujan. Yaitu di wilayah Desa Pasar Ipuh, Medan Jaya dan Pulau Baru.

 Sejauh ini Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sudah turun ke lapangan. Mengecek lokasi dan sosialisasi terkait pemanfaatan sorgum, dan pemasaran hasil panen. Para petani setuju untuk menanam sorgum asalkan pemasarannya dijamin.

Kepala Desa (Kades) Medan Jaya, Afrizal (Akang) mengatakan, Dinas Pertanian sudah turun ke pangan mengecek lokasi. Selain itu, mereka juga mensosialisasikan terkait pemanfaatan sorgum. 

Berdasarkan hasil pertemuan dengan para kelompok tani. Pada intinya petani setuju menanam sorgum. Namun setelah penanaman padi. "Keraguan petani hanya masalah tempat jual hasil panen.

 Dan masalah pembiayaan pengolahan pertama. Kalau hasil panen dijamin ada yang beli. Petani sangat setuju. Dan menyambut baik penanaman sorgum ini," kata Akang kemarin.

Sementara Kadis Pertanian Mukomuko, Apriansyah, ST, MT mengatakan, pihaknya dengan PT. Sorgum Indonesia Group sudah sepakat. Akan membuat percontohan penanaman sorgum di wilayah persawahan yang ada di Ipuh. Minimal 20 hektar. 

Sejauh ini lahan sudah disurvey. "Ya rencana kita untuk penanaman pertama di wilayah Ipuh. Kesepakatan kita dengan PT Sorgum, luas lahan yang akan ditanami sorgum minimal 20 hektar. Lahan yang direncanakan itu sudah kita survey," kata Apriansyah melalui telepon seluler kemarin.

Dijelaskannya, terkait dengan masalah pemasaran sorgum. Pemerintah daerah bekerjasama dengan PT. Sorgum Indonesia Group. Dalam hal ini, pemerintah daerah menjamin dulu masalah pemasarannya. Kalau tidak ada MoU atau kerjasama dengan PT Sorgum. 

Pemerintah Daerah tidak berani mengajak masyarakat untuk menanam sorgum. "Berdasarkan sosialisasi yang sudah kita lakukan. Setelah tanam dan panen. Hasilnya akan dibeli langsung oleh PT sorgum. Kami akan perkuat dulu masalah ini. Nanti kami akan turun lagi ke lapangan. Dan mencari calon petani tanaman sorgum," tutupnya.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: