Lomba Aku Hatinya PKK di Teramang Jaya Sukses

Lomba Aku Hatinya PKK di Teramang Jaya Sukses

--

RADARMUKOMUKO.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, T. Nurliyana Habsah Sapuan diwakili Ketua Bidang Pokja 3, Ny. Laily Bustari dan Staf Ahli TP-PKK Ny. Ratna Wilis beserta tim penilai lomba program Aku Hatinya PKK pada Kamis (04/08/2022) kemarin, turun ke Desa Pondok Baru, Kecamatan Teramang Jaya.

Kehadiran rombongan, dalam rangka melaksanakan penilaian lomba Aku Hatinya PKK tingkat kabupaten yang terpusat di Taman Hijau dan Taman Bacaan Desa Pondok Baru, Teramang Jaya. 

Aku Hatinya PKK (Amalkan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) merupakan program Bidang Pokja 3 TP PKK. Untuk tahun ini, program tersebut dilombakan dan pesertanya melibatkan 1 perwakilan PKK dari masing-masing kecamatan. 

Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos kepada radarmukomuko.com mengungkapkan, lomba Aku Hatinya PKK ini akan berlanjut ke tingkat provinsi. 

‘’Untuk Kamis kemarin, penilaian lomba Aku Hatinya PKK di gelar di Teramang Jaya dan terpusat di Desa Pondok Baru,’’ ungkap Abdul Hadi. 

Abdul Hadi menjelaskan, pada lomba Aku Hatinya PKK, perwakilan peserta diminta untuk mempresentasikan tata cara pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga dalam satu desa untuk mendukung program ketahanan pangan, peningkatan ekonomi keluarga dan penambahan gizi. Seperti halnya, pemanfaatan lahan untuk bercocok tanaman sayur mayur, tanaman obat atau apotek hidup, warung hidup, kolam ikan dan tata cara pemeliharaan ternak. 

Tidak kalah penting, dalam kegiatan lomba Aku Hatinya PKK, peserta juga diminta untuk menjelaskan tentang inovasi dan keterlibatan TP PKK dalam mendukung program kerja di desa. Selain itu, juga dalam hal dukungan dan peran serta camat, Kades dan BPD serta partisipasi masyarakat, serta dukungan dari stakeholder lainnya dalam mendukung terlaksananya program kerja PKK. 

‘’Terkhusus untuk Desa Pondok Baru, alhamdulillah sudah kita sinkronkan antara fakta lapangan, data tertulis serta dokumen administrasi serta dokumen pendukung berupa gambar dan lainnya,’’ ujar Abdul Hadi. 

Dilain sisi, Abdul Hadi juga menjelaskan sekelumit tentang Taman Hijau dan Taman Bacaan Desa Pondok Baru. Menurutnya, taman ini dikonsep dalam satu inovasi desa yang mengintegrasikan program ketahanan pangan, desa cerdas, desa digital. 

Di taman ini, juga dilengkapi saraa dan prasarana lainnya berupa website desa, perpustakaan desa, serta tempat layanan Posyandu. 

‘’Adapun Taman Hijau dan Taman Bacaan ini dikelola oleh anggota tim yang terdiri dari Pokja 3 PKK, Linmas, petugas Perpus, kepala dusun dan kades Posyandu Desa Pondok Baru. Tugas kerja tim, ditetapkan berdasarkan SK Kades,’’ paparnya. 

Perlu diketahui juga, PKK Desa juga berperan dalam kepengurusan dan anggota ketahanan pangan desa. Di tahun 2022 ini, kata Abdul Hadi, kegiatan ketahanan pangan yang melibatkan PKK fokus pada program budidaya ikan air tawar. 

‘’Kader PKK juga berperan mendukung program ketahanan pangan di desa. Seperti halnya tahun ini, turut serta dalam kepengurusan program budidaya ikan air tawar,’’ demikian Abdul Hadi. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: