Sepakat Gaji Honda Dianggarkan Diperubahan

Sepakat Gaji Honda Dianggarkan Diperubahan

Kantor DPRD Mukomuko--Antara

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com - Tenaga kontrak daerah atau honor daerah (Honda) di Kabupaten Mukomuko bisa bernapas lega.

Eksekutif dan legislatif  sepakat menganggarkan kekurangan gaji tenaga Honda sekolah pasca dilakukan assessment.

Diperkirakan kebutuhan anggaran untuk menutup kekurangan mencapai Rp 1,6 miliar. 

Penjabat Sekda Drs.Yandaryat mengatakan : Sesuai dengan hasil assesment  pemerintah belum bisa mengurangi jumlah guru. 

Khawatir mengganggu kelancaran aktivitas belajar mengajar di sekolah. Gagalnya rencana pengurangan walau setelah assessment.

Pemda dan dewan sepakat menutupi kekurangan gaji pada APBD Perubahan mendatang. Terkait dengan jumlah dananya, masih dihitung oleh dinas pendidikan.

‘’Kita bersama dewa sudah sepakat akan anggaran untuk kekurangan gaji guru Honda di APBD perubahan, yaitu untuk gaji Oktober, September dan Desember, karena dana yang tersedia gaji sampai September,’’ kata Sekda.

Lanjutnya, sekarang sedang dalam proses penyesuaian atau pemerataan terhadap guru honor di semua sekolah, agar tidak ada yang berlebih. 

Ia juga mengatakan tetap ada pengurangan beberapa tenaga Honda, karena tidak memenuhi syarat.

Seperti mereka yang merangkap sebagai perangkat desa atau pekerjaan lain, juga bagi yang tidak disiplin akan diberhentikan. 

‘’Setelah pemerataan tempat tugas selesai dan juga beberapa honorer merangkap jabatan dan jarang masuk dikeluarkan, baru diketahui berapa totalnya dan kebutuhan dana untuk gajinya,’’ paparnya.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA. CPA juga memastikan untuk kekurangan gaji Honda akan dianggarkan di APBD perubahan. Ia sudah minta TAPD untuk memastikan ada anggaran untuk gaji tersebut. Kemungkinan besar ada beberapa kegiatan yang ditunda untuk memenuhi kekurangan honorarium guru honda tersebut.

‘’Maka harus disesuaikan dengan ketersediaan anggaran di perubahan nanti, saya sudah minta tim anggaran untuk memastikan ada dananya,’’ tutup Bupati.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: