Untuk Peternak Sapi Vaksinasi PMK Tahap 2 Dimulai

Untuk Peternak Sapi Vaksinasi PMK Tahap 2 Dimulai

PERIKSA SAPI: Pemeriksaan sapi dalam rangka pencegahan dan pengobatan PMK oleh petugas dari Dinas Pertanian Mukomuko.-DOC/RM-

PENARIK, RADARMUKOMUKO.com – Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) tahap 2 segera di mulai. Jika tidak ada kendala, vaksinasi akan dilakukan hari ini, Kamis (28/7). 

Vaksinasi akan dilakukan di 2 kecamatan, Lubuk Pinang dan Penarik. Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, telah menyiapkan 2.500 vaksin PMK, bantuan dari pemerintah pusat. Dari jumlah tersebut, 1.000 dosis diantaranya untuk vaksinasi tahap kedua, untuk sapi yang sudah divaksin beberapa waktu lalu. Sisanya 1.500 dosis untuk sapi yang belum divaksin sebelumnya. 

Vaksinasi ini tidak terfokus pada daerah yang sudah ada kasus PMK saja, tapi juga di daerah yang bebas PMK. Sedangkan untuk daerah yang positif PMK, difokuskan dengan pengobatan.

Sebagaimana disampaikan oleh Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Mukomuko drh. Diana Nurwahyuni, Rabu (27/7).

Diana menyampaikan, virus penyebab PMK ini sangat mudah menular, hingga radius 10 Kilometer (Km). Dalam waktu 1 bulan terakhir, ternak yang positif PMK lebih dari 100 ekor.

Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Petugas melakukan berbagai daya dan upaya. Selain tetap melakukan penjagaan di perbatasan, juga melakukan pengobatan dan pencegahan. 

‘’Besok (Hari ini, red)  kepada peternak sapi  vaksin di Kecamatan Lubuk Pinang dan Penarik akan di mulai. Vaksinasi bisa dilakukan di daerah yang bebas PMK. Daerah kasus diutamakan pengobatan,’’ jelas Diana.

Diana juga menyampaikan, untuk mengatasi penyebaran virus PMK ini, petugas tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu pro aktif dari masyarakat, terutama pemilik dan pedagang ternak sangat diperlukan.

Pemilik ternak diminta untuk mengkandangkan ternaknya. Jika harus digembalakan, maka harus ada area khusus. 

‘’Kerja keras kami hasilnya tidak akan maksimal, jika tidak didukung oleh masyarakat. Mari sama-sama kita perangi PMK ini, sesuai dengan kapasitas masing-masing,’’ demikian Diana.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: