Bupati Minta Pabrik Sawit Laksanakan Kesepakatan

Bupati Minta Pabrik Sawit Laksanakan Kesepakatan

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com - Pengusaha sektor persawitan diminta berkomitmen melaksanakan kesepakatan dengan Kementan terkait dengan pembelian buah masyarakat dan harga. Sebelumnya bupati sudah menyurati seluruh PKS sesuai dengan instruksi pusat dan gubernur. Kemudian pada dinas terkait diminta melakukan pengawasan secara terus menerus terhadap pabrik-pabrik yang ada. 

dikatakan Bupati, H.Sapuan,SE,MM,Ak,CA,CPA  beberapa waktu lalu semua daerah yang tergabung dalam Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit sudah mengadakan pertemuan dengan Kementan dan juga pengusaha. Dalam kesempatan ini, masing-masing daerah memberikan pendapat dan memaparkan kondisi yang ada di daerahnya masing-masing, termasuk Mukomuko.

''Kita dari Mukomuko kebetulan sebagai sekretaris dalam asosiasi ini, banyak hal yang kita sampaikan, menyangkut kebutuhan petani sawit dan keluhannya, terutama lagi menyangkut dengan harga saat ini,'' kata Sapuan.

Lanjutnya, sesuai hasil pertemuan, akhirnya pihak Kementan dan juga pengusaha berkomitmen untuk perbaikan dunia persawitan saat ini. Dirinya juga sudah menyurati semua pabrik sesuai perintah provinsi dan pusat. Maka diharapkan semua bisa mematuhinya, karena kesejahteraan petani menjadi tanggungjawab bersama.

''Kita sudah sampaikan sesuai instruksi gubernur dan Kementan ke masing-masing PKS, mudah-mudahan semua bisa berkomitmen untuk mengikuti kesepakatan dengan Kementan tersebut,'' tuturnya.

Masih disampaikan bupati, pemerintah juga sudah membuka kran ekspor selebar-lebarnya dan penghapusan pajak ekspor. Mudah-mudahan kedepan harga TBS terus membaik, sekarang sudah mulai ada kenaikan. Ia mengakui dampak dari anjloknya harga sawit sangat besar bagi masyarakat Mukomuko.

''Dampak yang dirasakan masakan luar biasa, karena kita memang sebagian mengandalkan sawit untuk kebutuhan hidup. Mudah-mudahan harga terus membaik karena pemerintah telah memberi ruang ekspor seluas-luasnya,'' tutup Sapuan.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: