Pramuka Mukomuko Siap Sukseskan Jamnas ke XI

Pramuka Mukomuko Siap Sukseskan Jamnas ke XI

--

RADARMUKOMUKO.COM Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0707 Kabupaten Mukomuko, siap kirim kontingen sukseskan Jambore Nasional (Jamnas) ke XI tahun 2022 dihelat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur), Ciracas, Jakarta Timur pada tanggal 14 hingga 21 Agustus mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab 0707 Mukomuko Hj. Tengku Nurliyana Habsjah, SE.M.Pd melalui Ketua Harian Rudiansyah kepada harianradarmukomuko.com, Senin (25/07/2022). 

‘’Jambore Nasional program Pramuka Kwartir Nasional ini, momentum sekali dalam lima tahun bagi Pramuka Penggalang. Sangat disayangkan ketika momen ini kita lewatkan. Maka dari itu, kita dari Kwarcab 0707 Mukomuko, bersiap diri mulai dari sekarang untuk pengiriman kontingen perwakilan Kabupaten Mukomuko,’’ kata Rudiansyah.

Sebagai persiapan, Gerakan Pramuka Kwarcab 0707 Mukomuko telah melaksanakan kegiatan pemantapan pertama bagi kontingen yang bakal diberangkatkan. 

Kata Rudiansyah, pemantapan kontingen melalui kegiatan Training Center (TC) yang dikemas dalam bentuk perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami). 

‘’TC ini dikemas dalam kegiatan Perjusami, yang digelar di Sekretariat Kwarcab dan lingkungan SPNF SKB Mukomuko pada tanggal 22 hingga 24 Juli kemarin,’’ imbuhnya. 

TC bagi peserta Jamnas berpedoman pada petunjuk teknis (Juknis) IV Edaran Kwarnas. Diantaranya,  kegiatan edukasi wisata, edukasi keagamaan, edukasi budaya lokal (adat istiadat), Pasukan Baris Berbaris (PBB), memasak, survival, P3K, pendirian tenda dan tata cara dalam kegiatan perkemahan sebagai pengetahuan dan pengisian wawasan umum tentang kepramukaan. 

‘’Terima kasih kepada seluruh OPD, Pemda Mukomuko, donatur, sekolah, orang tua murid, pembina Gudep dan khusus kepada kepala SPNF SKB, Bapak Ramadhan Gusti, SE yang membantu memfasilitasi dan selalu hadir mendampingi kegiatan training center ini. Mohon do'a dan dukungan kepada seluruh pihak untuk mensuport penuh kontingen yang mewakili Kabupaten Mukomuko ini sukses melaksanakan kegiatan Jamnas di tahun ini,’’ pintanya. 

Selain itu, Rudiansyah juga menyampaikan, bahwa kontingen Jamnas yang bakal diberangkatkan, anggota Pramuka yang telah mengikuti Jambore Daerah (Jamda). Selain itu, dari sekolah-sekolah atau gugus depan (gudep) Pramuka yang aktif melaksanakan ekstrakurikuler Pramuka dan kegiatan Pramuka di luar sekolah. 

‘’Perlu kita sampaikan juga, kontingen perwakilan Kabupaten Mukomuko pada Jambore Nasional nanti, juga merupakan anggota Pramuka aktif dan pernah mengikuti Jambore Daerah,’’ demikian Rudiansyah. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: