OPD Mitra Komisi III Diminta Optimalkan Serapan Anggaran

OPD Mitra Komisi III Diminta Optimalkan Serapan Anggaran

Wakil Ketua II, Nopiyanto, SH --

RADARMUKOMUKO.COM Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra kerja Komisi III DPRD Mukomuko, diminta melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara optimal. Termasuk memaksimalkan serapan anggaran, guna mewujudkan semua program kerja yang telah ditetapkan. 

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua II Nopiyanto, SH selaku Koordinator Komisi III DPRD Mukomuko ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (05/07/2022).

‘’Perlu kita ingatkan, OPD mitra Komisi III dituntut mampu bekerja optimal, baik dari segi pelayanan publik, pelaksanaan program kerja dan serapan anggaran,’’ kata Nopiyanto. 

Nopiyanto tidak menginginkan terjadinya preseden buruk, banyak program kerja yang tidak mampu dilaksanakan OPD. Sehingga mengakibatkan tingginya angka Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) tahun anggaran berjalan. 

‘’Jangan sampai ada kegiatan yang tidak dijalankan, sehingga menjadi catatan SILPA. Jika SILPA tinggi, ini bagian dari persoalan besar bagi daerah dan dianggap tidak mampu membelanjakan anggaran yang tersedia,’’ pintanya. 


--

Adapun OPD mitra kerja Komisi III dimaksud yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Lingkungan Hidup (LH). Kemudian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Dikatakan Nopiyanto, diantara beberapa dinas mitra Komisi III, untuk tahun ini juga tercatat sebagai pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) terbanyak di Pemkab Mukomuko. 

‘’Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, lebih kita ingatkan lagi. Sebab dinas itu banyak menerima program DAK. Jangan sampai ada program DAK yang tidak berjalan, itu akan lebih patal dan berisiko bagi daerah kedepan,’’ ulasnya. 

Dalam pelaksanaan program kerja, juga diminta untuk meningkatkan koordinasi. Dinas tidak dapat berjalan sendiri, dan harus menjalin sinergisitas dengan berbagai pihak.

‘’Mungkin di tahun lalu masih banyak OPD yang dipimpin pelaksana tugas. Sekarang umumnya OPD di bawah koordinasi Komisi III sudah dijabat pimpinan definitif. Harapan kita, dengan pengisian jabatan definitif itu dapat meningkatkan kinerja, koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak terjalin baik,’’ demikian Nopiyanto. (advertorial/nek)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: