Peringatan Harganas 2022, Pemkab Mukomuko Usung Tema Cegah Stunting

Peringatan Harganas 2022, Pemkab Mukomuko Usung Tema Cegah Stunting

--

RADARMUKOMUKO.COM – Kecamatan Teramang Jaya tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIX tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2022 yang diselenggarakan pada Selasa (05/07/2022).

Apel peringatan Harganas tingkat Kabupaten Mukomuko dengan mengusung tema ‘’Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting’’ dipimpin oleh Bupati Mukomuko diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Mukomuko, Drs. H Bustari Maler, M.Hum di Kantor Camat Teramang Jaya pada Selasa pagi.  

Ikuti lebih kurang lima ratus peserta. Mulai dari petugas PLKB, Pos KB, Sub KB, Kader KB hingga Mitra Bangga Kencana Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)  Kabupaten Mukomuko. Kemudian TP PKK Kabupaten Mukomuko, TP PKK Kecamatan. 

Turut hadir perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan, pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan tokoh masyarakat. 

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Mukomuko, Jun Harto, SKM menyampaikan, bahwa peringatan Harganas tahun 2022 menjadi momentum bagi pemerintah untuk menciptakan keluarga yang sehat dan berkualitas. Terutama dalam pencegahan angka stunting di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

‘’Dalam pencegahan stunting ini, tentunya butuh komitmen bersama, melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat,’’ ungkap Jun Harto. 

Dijelaskannya, peringatan Harganas kali ini, diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, promosi dan sosialisasi program ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga bagi mitra kerja. Kemudian, penyuluhan stunting dengan melibatkan narasumber dari Pemkab Mukomuko, BKKBN Provinsi Bengkulu dan Kodim 0428/MM. 

‘’Pada sosialisasi cegah stunting ini, lebih ditekankan untuk menjaga kesehatan dan mengajak masyarakat mengkonsumsi makan bergizi,’’ ungkap Jun Harto. 

Kemudian, juga dilaksanakan kegiatan donor darah, pemasangan KB gratis, pelayanan pengobatan gratis, bazar UP2K serta penyerahan piagam penghargaan kepada kader KB. Khusus donor darah, pada kegiatan ini berhasil mengumpulkan sekitar 10 kantong darah. Selain itu, juga membuka pelayanan KB yang diikuti sekitar 15 orang warga. 

‘’Ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam peringatan Harganas ini. Harapan kami, melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi masyarakat kita untuk terus menerus menjaga kesehatan dan selalu mengkonsumsi makanan bergizi,’’ demikian Jun Harto. (nek)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: