Mukomuko Luncurkan Perpustakaan Digital ‘’Smart Library’’

Mukomuko Luncurkan Perpustakaan Digital ‘’Smart Library’’

--

RADARMUKOMUKO.COM - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko meluncurkan perpustakaan digital ‘’Smart Library’’ untuk meningkatkan tingkat literasi membaca bagi pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.

‘’Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita coba mengembangkan perpustakaan digital untuk efektivitas dan meningkatkan minat baca masyarakat. Aplikasi perpustakaan digital ‘’Smart library’’ ini kita luncurkan mulai hari ini,’’ ungkap Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/06/2022).

Mengakses perpustakaan digital dengan sebutan lain buku elektronik (e-book) melalui login ke sistem aplikasi smar library. Bagi pelajar maupun masyarakat yang minat, kata Jodi, dapat melakukan download aplikasi smar library secara gratis.  

‘’Pengguna silahkan konfirmasi ke admin Perpusda terlebihdahulu. Kemudian, silahkan download aplikasinya dengan menggunakan jaringan internet maupun paket data.  Ikuti petunjuk, terutama mendaftarkan alamat email pengguna kepada admin Perpustakaan Daerah,’’ imbuhnya.

 ‘’Jadi, pelajar, masyarakat maupun kalangan Aparatur Sipil Negara sudah bisa memanfaatkan perpustakaan digital ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan,’’ ujarnya.

Perpustakaan digital ‘’Smar Library’’ ini merupakan program Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko. Program ini baru dimulai pada akhir Juni ini. Jodi berharap, peluncuran buku elektronik ini juga bagian dari efektivitas dalam mendorong transportasi digital seperti yang ditargetkan pemerintah Indonesia. 

Masih Jodi, peluncuran buku digital ini juga menjalin kerjasama dengan pihak lain. Sementara ini, pihaknya menjalin kerjasama dengan perusahaan Gramedia.

‘’Ini masih tahap uji coba. Jika memang banyak peminat, pelayanan perpustakaan digital termasuk jumlah judul buku yang dapat diakses akan kita tingkatkan,’’ paparnya. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: