Laboratorium Canggih Milik Dinas LH Mukomuko Segera Difungsikan

Laboratorium Canggih Milik Dinas LH Mukomuko Segera Difungsikan

-radarmukomuko.com-

RADARMUKOMUKO.COM – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mukomuko, miliki laboratorium. Lumayan canggih, bisa dioperasikan untuk menguji kualitas lingkungan hidup secara fisika, biologis maupun kimia. 

Sesuai dengan fungsinya, laboratorium milik Dinas LH bisa digunakan untuk menguji sampling dan analisa kualitas air sungai, air limbah, kualitas sedimen, kualitas tanah dan kualitas udara ambien.   Selain itu juga dapat digunakan untuk menguji sampling dan analisa bau udara, udara lingkungan kerja, kualitas emisi cerobong dan kebisingan. Sayangnya, keberadaan laboratorium ini belum dapat difungsikan secara profesional, karena belum dilengkapi tenaga ahli yang bersertifikat.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Rizon, S.Hut., M.Si tidak menepis terkait kondisi laboratorium tersebut. Ia mengakui, laboratorium milik Dinas LH ini sudah ada sejak lama. Belum difungsikan karena belum memiliki tenaga ahli sertifikasi.

‘’Mulai tahun ini, kita mencoba memulai untuk memfungsikan laboratorium. Semua peralatan lab yang dulunya penuh dengan debu, sudah kita bersihkan. Dirapikan, dan kebutuhan bahan kimia untuk pengujian sudah siap. Untuk tahap percobaan ini, kita menunggu tim dari laboratorium provinsi, diperkirakan dalam waktu dekat ini datang ke Mukomuko,’’ ungkap M. Rizon.

Diakuinya, tahap awal ini laboratorium digunakan hanya untuk kegiatan praktek dan bahan perbandingan. Hasil uji lab belum dapat dijadikan dasar atau lisensi, karena belum mengantongi tenaga yang bersertifikat.

Untuk mendapatkan sertifikat, harus diaktifkan lebih dahulu. Ditargetkan pada awal 2023 Mukomuko sudah dapat mengajukan sertifikat, sehingga hasil pengujian dari laboratorium ini memiliki dasar hukum.

‘’Kita belum bersertifikat, sehingga hasil pengujiannya belum punya dasar hukum, yang jelas kita aktifkan lebih dulu, karena itu syarat mengajukan sertifikat,’’ paparnya.

Terkait dengan ketersediaan sumber daya manusia atau tenaga ahli untuk mengoperasikan labor ini, M. Rizon memastikan LH memiliki tim, dimana ada empat pegawai jurusan kimia yang memiliki skill mengoperasikan laboratorium tersebut. Kedepan, seiring dengan waktu kemampuannya terus ditingkatkan.

‘’Kita memiliki empat pegawai yang mampu mengoperasikan labor ini, untuk sementara itu cukup, seiring waktu kita terus tingkatkan,’’ pungkasnya. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: