Hari Ini, Pelepasan 79 Calon Jamaah Haji Mukomuko

Hari Ini, Pelepasan 79 Calon Jamaah Haji Mukomuko

Jemaah Haji Mukomuko--

RADARMUKOMUKO.COM – Hari ini, Kamis (09/06/2022). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan kegiatan pelepasan 79 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Mukomuko.

Prosesi pelepasan CJH oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri bersama Kepala Kantor Kemenag Mukomuko, Widodo, S.Hi dilaksanakan di Masjid Agung Mukomuko, komplek perkantoran Pemda Mukomuko dan  dihadiri perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab dan sejumlah pejabat OPD di lingkungan Pemkab Mukomuko. Turut hadir, anggota DPRD Provinsi Bengkulu Fitri, SE.

Pada pelepasan ini, Wakil Bupati Mukomuko mengimbau kepada semua CJH untuk senantiasa menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.  Selama dalam perjalanan menunaikan  ibadah haji, para jamaah juga diimbau untuk menjaga nama baik daerah. Tetap mengayomi dan menumbuhkan rasa peduli antara sesama jamaah.

‘’Warga Indonesia terkenal dengan ramah tamahnya, mudah-mudahan warga kita dapat menjaga nama baik tanah air, terutama nama baik daerah selama melaksanakan perjalanan menunaikan ibadah haji. Tetap jaga kesehatan, berangkat dari Mukomuko dalam kondisi sehat, dan diharapkan Kembali ke tanah air Mukomuko dalam kondisi sehat dan meraih haji mabrur,’’ harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Mukomuko Widodo, S.Hi menyampaikan bahwa kuota CJH di Provinsi Bengkulu yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 742 orang. Untuk Kabupaten Mukomuko mendapat kuota sebanyak 81 orang CJH yang diberangkatkan. Namun di dalam proses, 2 orang CJH asal Kabupaten Mukomuko pindah domisili ke Jambi.

‘’Jadi untuk tahun ini, total CJH yang diberangkatkan dari Mukomuko sebanyak 79 orang,’’ kata Widodo.

CJH Kabupaten Mukomuko yang berangkat tahun ini, berasal dari 11 kecamatan. Rinciannya, 3 orang dari Kecamatan Pondok Suguh, Penarik 14, Teras Terunjam 4, Air Dikit 2, Kota Mukomuko 22, Air Manjuto 2, XIV Koto 7, Lubuk Pinang 12 dan Air Rami 3. Adapun kloter CJH tahun ini, usia termuda 25 tahun dan usia paling tua 65 tahun. Disampaikan, pembatasan usia maksimal 65 tahun bukan merupakan kebijakan dari Kementerian Agama, akan tetapi berdasarkan kebijkan dari Negara Arab Saudi.

‘’Untuk keberangkatan, karena kuota dibatasi 4 kecamatan tahun ini absen. Kami Kemenang Mukomuko mengucapkan selamat kepada bapak ibu jamaah, mudah-mudahan diberi Kesehatan dan keselamatan dan pulang menjadi haji yang mabrur,’’ sampainya.

Pesan, kepada sejumlah jamaah diminta tetap menjaga kesehatan, bangun rasa saling peduli. Tak luput, jangan sungkam untuk bertanya kepada petugas pendamping haji.  Yang tak kalah pentingnya, tetap jaga nama baik tanah air.

‘’Kami berharap para jamaah membawa marwah nama baik kabupaten, provinsi dan Indonesia. Tampilkan kita sebagai warga yang ramah dan baik, sehingga masyarakat dunia mengagumkan,’’ ulasnya.

Informasi terhimpun, CJH asal Mukomuko diberangkatkan bersamaan dengan kloter Kota Padang. Dari Kota Padang, para jamaah dijadwalkan berangkat pada Jum’at besok, sekitar pukul 20.00 WIB melalui Bandar Internasional Minangkabau. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: