6 Tanda Kamu Kurang Merawat Diri Sendiri dengan Baik

Kamis 10-10-2024,16:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

3. Tingkat Stres yang Berlebihan

Setiap orang pasti pernah mengalami stres, tetapi jika kamu merasa stres terus-menerus dan tidak mampu mengendalikannya, ini bisa menjadi tanda kamu kurang merawat diri. 

Kortisol, hormon stres, bisa tetap tinggi ketika kamu merasa murung atau cemas. Ini tidak hanya mempengaruhi suasana hati, tetapi juga kesehatan fisik, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. 

Mengelola stres melalui aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau jalan-jalan di alam terbuka bisa sangat membantu.

4. Mengantuk Sepanjang Hari

Apakah kamu merasa selalu lelah meskipun sudah tidur cukup pada malam hari? Ini adalah tanda lain bahwa kamu kurang memperhatikan kebutuhan tubuhmu. 

BACA JUGA:10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Alami dan Cepat

BACA JUGA:Stop Pakai Deodoran! Atasi Bau Badan Secara Alami dengan Konsumsi Sayuran dan Umbi-umbian Ini

Pola tidur yang tidak teratur, diet yang kurang seimbang, atau kurangnya olahraga bisa menjadi penyebab utama. 

Meskipun terlihat sederhana, makan dengan nutrisi yang baik dan olahraga teratur dapat sangat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk sepanjang hari.

5. Kedutan Otot di Kaki

Kedutan otot, khususnya di kaki, seringkali merupakan tanda kekurangan magnesium dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi jika kamu terlalu banyak duduk atau jarang bergerak. Magnesium berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat. 

Ketika kadar magnesium rendah, tubuhmu bisa mengalami gejala seperti kedutan otot atau kram. 

Untuk mengatasi ini, tingkatkan asupan makanan yang kaya magnesium, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

6. Sering Kesemutan di Tangan dan Kaki

Kesemutan yang sering terjadi di tangan atau kaki bisa menjadi tanda bahwa kamu kekurangan vitamin B12. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan saraf dan produksi sel darah merah. 

Kategori :