3 Cara Berjalan yang Dibenci Allah SWT Menurut Al-Quran dan Hadis, Ini Alasannya

Selasa 08-10-2024,07:30 WIB
Reporter : M. Asroful Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RMONLINE.ID – Sebagai seorang Muslim, kita dianjurkan untuk senantiasa memperhatikan setiap tindakan dan perilaku, termasuk cara berjalan.  Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan  mengenai adab dalam Islam,  termasuk adab dalam berjalan. 

Ternyata,  ada tiga cara berjalan yang dimurkai oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:Biar Merekah dan Empuk, Begini Cara Mudah Mengukus Singkong

BACA JUGA:Bacaan Doa Agar Lulus Tes PPPK, Sudah Banyak Yang Berhasil

Apa sajakah itu?  Mari kita simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

1. Berjalan dengan Sombong

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 18, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”  Ayat ini dengan jelas menunjukkan bahwa Allah SWT sangat membenci orang-orang yang berjalan dengan sombong dan angkuh.

Berjalan dengan sombong ditandai dengan  dada yang membusung,  kepala mendongak,  dan pandangan mata yang meremehkan orang lain.  Sikap ini menunjukkan  kesombongan dan  merasa lebih tinggi  daripada orang lain.  Padahal,  kesombongan adalah sifat yang tercela dan hanya milik Allah SWT.  Sebagai manusia,  kita seharusnya  bersikap rendah hati  dan tidak  menunjukkan kesombongan  dalam  bentuk apapun,  termasuk dalam cara berjalan.

BACA JUGA:Begini Cara Mencegah dan Mengatasi Fenomena Doom Spending di Kalangan Anak Muda Sekarang

BACA JUGA:Penyebab Gen Z Bakalan Miskin! Dampak dari Fenomena Doom Spending

2. Berjalan dengan Berlenggak-lenggok

Cara berjalan yang kedua yang dibenci Allah SWT adalah berjalan dengan berlenggak-lenggok.  Hal ini terutama ditujukan kepada wanita.  Berjalan dengan berlenggak-lenggok bertujuan untuk menarik perhatian lawan jenis dan memamerkan  kecantikan atau  perhiasan yang  sedang dikenakan.  

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 31,  “Dan hendaklah mereka  menutupkan kain  kudung ke  dada mereka,  dan janganlah  menampakkan perhiasannya  kecuali kepada  suami mereka...”  Ayat ini  menegaskan bahwa  wanita muslimah  dilarang  memamerkan perhiasan  dan  kecantikannya kepada  orang lain  kecuali  kepada mahramnya.  Berjalan dengan  berlenggak-lenggok  jelas bertentangan  dengan  ajaran Islam  dan  dapat  menimbulkan  fitnah.

BACA JUGA:Trend Kalangan Milenial dan Gen Z! Mari Mengenal Fenomena Doom Spending yang Ramai Dibahas di Media Sosial

BACA JUGA:Rekomendasi Web Series di WeTV Thailand Terbaik dengan Rating yang Tinggi

Kategori :