Berapa Kali Makan dalam Sehari Agar Berat Badan Bisa Stabil?

Rabu 25-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Menjaga stabilitas berat badan tidak hanya tergantung pada apa yang dimakan, tetapi juga pada seberapa sering kamu makan. 

Meskipun banyak metode diet menawarkan frekuensi makan yang berbeda-beda, kunci utamanya adalah keseimbangan dan keteraturan pola makan.

1. Makan Teratur

Makan secara teratur memainkan peran penting dalam menjaga metabolisme tetap stabil. Pola makan yang teratur dapat membantu tubuh mengatur metabolisme, glukosa, dan lemak dengan lebih baik.

BACA JUGA:5 Persyaratan Penting agar Hubunganmu Berjalan Seumur Hidup

BACA JUGA:4 Zodiak yang Suka Ngomong Blak-Blakan tanpa Memikirkan Orang Lain

Idealnya, makanlah tiga kali sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam) dengan jarak yang konsisten setiap 4-5 jam untuk menjaga kadar energi dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

2. Makan Camilan Sehat di Antara Waktu Makan

Untuk membantu mengatur selera makan, makan camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan di antara waktu makan utama bisa membantu mengontrol rasa lapar. 

Ini juga bermanfaat bagi mereka yang sering merasa lapar sebelum waktu makan berikutnya. Namun, pastikan camilan yang dikonsumsi rendah kalori dan bernutrisi.

3. Hindari Makan Berlebihan di Satu Waktu

Beberapa studi menunjukkan bahwa makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, seperti enam kali sehari, bisa membantu mengendalikan kadar insulin dan kolesterol lebih baik dibandingkan dengan makan dalam jumlah besar namun tidak teratur. 

BACA JUGA:3 Zodiak yang Gampang Move On dan Mudah Melupakan Masa Lalu

BACA JUGA:Ingin Tampak Lebih Muda? 5 Ciri Orang Beraura Positif yang Bisa Anda Tiru untuk Penampilan Awet Muda

Mengontrol porsi makan adalah kunci untuk menghindari kelebihan kalori, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak.

4. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Kategori :