Apakah Bisa Mie Instan Gantikan Nasi untuk Pengganti Karbohidrat Harian?

Rabu 25-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

Lebih jauh lagi, meskipun kalori mie instan lebih rendah dibanding nasi, mie instan sering kali tidak membuat kenyang dalam jangka waktu yang lama. Ini karena kandungan protein dan seratnya yang sangat rendah.

Akibatnya, setelah mengonsumsi mie instan, banyak orang merasa cepat lapar kembali, sehingga mereka cenderung makan lebih banyak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan asupan kalori total harian.

Konsumsi mie instan sebagai pengganti nasi dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Kandungan bahan pengawet dan pewarna buatan yang terdapat dalam mie instan berpotensi memicu risiko penyakit kronis, seperti kanker, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Selain itu, konsumsi makanan olahan yang tinggi karbohidrat olahan, seperti mie instan, dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang ekstrem, yang berdampak pada energi dan kesehatan otak.

Jika kamu mencari pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat harian yang lebih sehat, ada beberapa pilihan lain yang lebih baik daripada mie instan. 

Ubi jalar, quinoa, kentang, dan jagung adalah beberapa sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya.

Karbohidrat dari makanan ini tidak hanya menyediakan energi yang stabil, tetapi juga mendukung kesehatan pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba.*

Kategori :