7. Berrybenka
Berrybenka adalah startup fashion e-commerce yang juga mengalami nasib serupa.
Berawal dari model bisnis online untuk pakaian, Berrybenka tidak mampu bertahan di tengah persaingan e-commerce yang semakin ketat.
Mereka mengalami kesulitan dalam mempertahankan operasional dan akhirnya harus menutup layanan e-commerce mereka.
8. Kaskus
Dulu, Kaskus adalah platform forum terbesar di Indonesia yang sangat populer di kalangan pengguna internet lokal.
Meski tidak benar-benar tutup, Kaskus kini kehilangan banyak pengguna dan popularitasnya merosot tajam.
Platform ini gagal beradaptasi dengan perkembangan teknologi sosial media seperti Instagram dan Twitter.
9. Blanja.com
Blanja.com, yang merupakan hasil kerja sama antara Telkom Indonesia dan eBay, sempat menjadi salah satu e-commerce potensial di Indonesia.
Namun, pada 2020, Blanja.com mengumumkan penutupan layanannya karena ketidakmampuan bersaing dengan raksasa e-commerce lain seperti Tokopedia dan Shopee.
10. Lazada Indonesia
Lazada Indonesia, meski masih beroperasi, menghadapi penurunan pangsa pasar yang signifikan akibat dominasi Tokopedia dan Shopee di sektor e-commerce lokal.
Lazada tidak mampu mempertahankan posisi puncaknya dan kini hanya memiliki pangsa pasar yang lebih kecil di Indonesia.*