Gemilang! Nurul Akmal Sabet Emas dan Pecahkan Rekor, Aceh Juara Umum Angkat Besi PON 2024

Kamis 12-09-2024,13:00 WIB
Reporter : M. Asroful Anwar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID – Nurul Akmal, lifter andalan Aceh, berhasil menutup perjuangan kontingen tuan rumah di cabang olahraga angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 dengan gemilang. Ia meraih medali emas di kelas +87 kg putri sekaligus memecahkan rekor PON pada angkatan clean and jerk.

Pertandingan final yang berlangsung di Seuramoe PABSI, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa (10/9/2024) dipenuhi oleh gemuruh sorak sorai pendukung tuan rumah. Nurul Akmal tampil memukau dengan total angkatan 248 kg, terdiri dari 105 kg snatch dan 143 kg clean and jerk.

Rekor PON sebelumnya untuk angkatan clean and jerk adalah 142 kg. Nurul Akmal berhasil melampauinya dengan mengangkat beban 143 kg, sekaligus memastikan medali emas keempat bagi tim angkat besi Aceh di PON XXI. 

BACA JUGA:Peringkat FIFA Tak Menentukan, Timnas Indonesia Berhasil Tahan Imbang Australia, Graham Arnold Merasa Malu

BACA JUGA:Efektivitas Kerja Kejar Target Pembangunan, Alasan Bupati Mukomuko Jarang Pencitraan Turun ke Masyarakat

Medali perak diraih oleh Jihan Safitri dari Jambi dengan total angkatan 225 kg, sementara medali perunggu menjadi milik lifter Jawa Barat, Nuraini, dengan total angkatan 210 kg. 

Prestasi Nurul Akmal ini sekaligus mengukuhkan Aceh sebagai juara umum cabang olahraga angkat besi PON XXI 2024. Tuan rumah berhasil mengumpulkan empat medali emas dan dua medali perak.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI), Rosan P. Roeslani, memberikan apresiasi tinggi kepada Nurul Akmal dan tim angkat besi Aceh. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi atlet-atlet muda untuk terus berprestasi di ajang nasional maupun internasional.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK Hingga S1 di Perum Bulog, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Begini Cara Membuat Cireng Makanan Tradisional Khas Nusantara

Nurul Akmal sendiri mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaiannya. Ia mempersembahkan medali emas ini untuk masyarakat Aceh yang telah memberikan dukungan luar biasa. Ia juga bertekad untuk terus berlatih dan meningkatkan prestasinya di masa mendatang.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi saksi sejarah bagi Nurul Akmal dan tim angkat besi Aceh. Mereka berhasil menunjukkan bahwa Aceh memiliki potensi besar di cabang olahraga angkat besi. Dengan dukungan dan pembinaan yang tepat, diharapkan Aceh dapat terus melahirkan atlet-atlet berprestasi di masa depan.

Keberhasilan Aceh meraih juara umum angkat besi juga menjadi bukti sukses penyelenggaraan PON XXI di provinsi tersebut. Meskipun sempat diwarnai berbagai tantangan, Aceh mampu membuktikan diri sebagai tuan rumah yang baik dan mampu menggelar pesta olahraga nasional dengan lancar dan sukses.Semoga prestasi Nurul Akmal dan tim angkat besi Aceh dapat menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semangat juang dan kerja keras mereka adalah contoh nyata bahwa dengan tekad dan usaha, segala impian dapat tercapai.* 

Kategori :