Geber Pembangunan, Pemkab Mukomuko Aspal Belasan Ruas Jalan Desa

Senin 02-09-2024,18:13 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Ditengarai, pembangunan jalan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit masih berproses. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko kembali meluncurkan kegiatan ruas jalan desa dengan sumber pembiayaan Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Mukomuko 2024. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, M. Yusuf, ST ketika dikonfirmasi pada Senin, 2 September 2024. 

Ia menyampaikan, ada belasan ruas jalan desa yang menjadi target pembangunan aspal hotmix dengan sumber pembiayaan DAU APBD 2024. Dikatakan M. Yusuf, untuk memulai pekerjaan, hari ini dilaksanakan titik nol pekerjaan secara bersama. 

BACA JUGA:Mukomuko Punya Satu Unit SPBN Tempat Pengisian Bahan Bakar Khusus Nelayan

BACA JUGA:ASN Harus Netral, Dilarang Coment, Like dan Shere Poto Calon di Medsos

‘’Hari ini kita melaksanakan titik nol pekerjaan aspal hotmix jalan desa bersumber dari DAU APBD 2024. Titik nol pekerjaan dihadiri dari beberapa unsur masyarakat, pemerintah kecamatan dan desa,’’ kata M. Yusuf di Mukomuo, Senin, 2 September 2024.   

Dijelaskan M Yusuf, pada paket pertama yang bersumber dari dana DAU, akan dilaksanakan pengaspalan beberapa ruas jalan. 

Masing-masingnya, peningkatan aspal hotmix jalan penghubung Desa Pauh Terenja dan Desa Tanjung Mulya. Kemudian lanjut ke Jalan Desa Tunggal Jaya, Jalan Hotmix Lingkar Desa Kota Praja, Jalan hotmix Agung Jaya (Simp. 4 2 Jalur - Puskesmas) dan Jalan Pendidikan SMAN3 - SMPN10 - SDN06. Selanjutnya, jalan lingkar Desa Lalang Luas Dan Lubuk Cabau dan Jalan SP 1 Kecamatan Air Manjunto. 

‘’Pada paket pertama ini dengan nilai Rp5,1 miliar yang bersumber dari DAU APBD murni 2024,’’ kata M. Yusuf. 

BACA JUGA:Penetapan Calon 22 September Nanti, Kampanye Setelah Pengundian Nomor Urut

BACA JUGA:Pengurus PWRI Mukomuko Dikukuhkan, Risber Ketua dan Ruslan Sekretaris


Geber Pembangunan, Pemkab Mukomuko Aspal Belasan Ruas Jalan Desa--Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMONLINE.ID

Selanjutnya, kata M. Yusuf, paket kegiatan berikutnya untuk peningkatan aspal hotmix dan normalisasi gorong-gorong Jalan Mangga Desa Rawa Mulya, peningkatan Jalan Lingkungan Desa Lubuk Sanai II, Jalan Tanah Harapan, Jalan Hotmix Samping Sekwan Kecamatan Kota Mukomuko dan Jalan Talang Karet Karet Kecamatan Kota Mukomuko.

‘’Ini juga menggunakan DAU tahun ini dengan nilai Rp 5,1 miliar,’’ kata M Yusuf. 

Untuk dua paket kegiatan tersebut, kata M. Yusuf, telah dimulai pelaksanaannya. 

Kategori :