Pemkab Mukomuko Aspal 4 Ruas Jalan dengan Sumber Dana DBH Sawit

Jumat 30-08-2024,15:05 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu bangun infrastruktur jalan akses masyarakat dengan sumber anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) sawit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT mengungkapkan, tahun ini pertama dilaksanakan kegiatan pengaspalan jalan yang bersumber dari DBH sawit. 

Terkhusus di Kabupaten Mukomuko, kata Apriansyah, infrastruktur jalan masyarakat yang menjadi target pembangunan dengan sumber dana DBH sawit menyentuh 3 wilayah kecamatan. 

‘’Tahun ini ada 4 kegiatan pengaspalan jalan yang bersumber dari DBH sawit, kegiatan itu di 4 lokasi,’’ kata Apriansyah di Mukomuko, Jumat, 30 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Pasangan Calon Petahana Sapuan – Wasri Tampil Sederhana ke KPU Mukomuko, dengan Kostum Muslim Muslimah

BACA JUGA:Syarat Seluruh Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko Masih Kurang

Apriansyah menjelaskan, anggaran DBH sawit yang diterima Pemerintah Kabupaten Mukomuko dari pemerintah pusat pada tahun 2023, dialokasikan untuk 2 kegiatan pengaspalan.  

Pertama, kata Apriansyah, kegiatan pengaspalan ruas jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dari Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko. Kedua, pengaspalan ruas jalan Desa Air Hitam, Bumi Mekar Jaya (BMJ) ke Teluk Bakung.

‘’Sumber DBH tahun 2023, tahun ini digunakan untuk kegiatan aspal jalan TPA, kondisi sekarang sudah mencapai progres 30 persen. Kemudian ruas jalan Air Hitam – BMJ ke Teluk Bakung, progres pekerjaan sudah 100 persen,’’ ujarnya. 

‘’Terkhusus ruas jalan Air Hitam – BMJ ke Teluk Bakung, sudah bisa dinikmati masyarakat dan tinggal menunggu proses PHO,’’ ujarnya.  

BACA JUGA:Dinas PUPR Koordinasi ke BWS Soal Penanganan Longsor Sempadan Sungai di Mukomuko

BACA JUGA:Sapuan, Renjes dan Choirul Huda Pamer Kekuatan Massa Saat Mendaftar ke KPU Mukomuko

Sementara, anggaran DBH sawit yang diterima Pemkab tahun 2024, dialokasikan untuk pembiayaan pembangunan ruas Jalan Sultakdir Khilafatullah menuju LP. Kemudian, ruas retak mudik – retak Ilir Kecamatan Ipuh. 

‘’Kegiatan pengaspalan jalan yang bersumber dari DBH tahun 2024, kondisi terkini progres pekerjaan sudah mencapai 30 persen,’’ paparnya. 

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Mukomuko di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri, di dua tahun terakhir mendapatkan anggaran untuk pembiayaan pembangunan daerah yang bersumber dari DBH sawit. 

Kategori :