Yuk Simak Hingga Selesai! Inilah Berbagai Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Jumat 30-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Berjemur di pagi hari adalah kebiasaan sederhana yang sering diabaikan, namun memiliki beragam manfaat kesehatan yang signifikan.

Paparan sinar matahari pagi tidak hanya menyegarkan tubuh dan pikiran, tetapi juga memberikan dampak positif yang mendalam pada kesehatan fisik dan mental. 

BACA JUGA:Apa yang Terjadi Pada Tubuh Kita Apabila Mengonsumsi Telur Setiap Hari?

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mendapatkan Teman Ketika Sedang Belajar di Luar Negeri?

Mari kita jelajahi berbagai manfaat dari rutinitas berjemur di pagi hari.

Menstumulasi Produksi Vitamin D

Manfaat utama berjemur di pagi hari adalah stimulasi produksi vitamin D dalam tubuh. Sinar UVB matahari membantu kulit mensintesis vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi neurologis. Paparan singkat selama 10-15 menit dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Paparan sinar matahari pagi membantu mengatur ritme sirkadian tubuh. Hal ini meningkatkan produksi melatonin di malam hari, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun, sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur.

BACA JUGA:5 Zodiak yang Bisa Menjadi Pasangan Terbaik Bagi Aquarius, Cocok, dan Bisa Saling Melengkapi

BACA JUGA:Susah Naikin Berat Badan? Coba 5 Makanan Ini dan Lihat Hasilnya dalam Waktu Singkat

Membantu Menjaga dan Memperbaiki Suasana Hati

Sinar matahari merangsang produksi serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam mengatur mood. Berjemur di pagi hari dapat membantu mengurangi gejala depresi ringan dan meningkatkan perasaan bahagia secara keseluruhan.

Meningkatkan Sistem Imun

Paparan sinar matahari moderat meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit lebih efektif.

Kategori :