Buat Kamu Memiliki Satu Dari Lima Penyakit Ini, Jangan Coba-Coba Makan Buah Nanas

Jumat 30-08-2024,08:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Buah nanas dikenal memiliki rasa yang segar dan kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan vitamin C, bromelain, dan serat dalam nanas dapat membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan. 

Namun, di balik manfaatnya yang melimpah, nanas juga memiliki potensi risiko bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu. 

Oleh karena itu, jika kamu memiliki salah satu dari lima penyakit berikut, ada baiknya untuk berhati-hati atau bahkan menghindari konsumsi buah nanas.

1. Maag atau Gastritis

Nanas mengandung asam yang cukup tinggi, terutama asam sitrat. Bagi kamu yang memiliki masalah maag atau gastritis, konsumsi nanas dapat memperparah gejala seperti nyeri perut, mual, dan mulas. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mendapatkan Teman Ketika Sedang Belajar di Luar Negeri?

BACA JUGA:Tak Hanya Kopi, Inilah 4 Minuman Penambah Energi di Pagi Hari yang Bikin Kamu Semangat

Asam dalam nanas bisa meningkatkan produksi asam lambung yang pada akhirnya memperburuk kondisi lambungmu. 

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih buah-buahan lain yang lebih rendah asam seperti pisang atau apel yang lebih aman bagi lambung.

2. Alergi Buah

Beberapa orang memiliki alergi terhadap buah-buahan tertentu, termasuk nanas. Gejala alergi nanas dapat mencakup gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan, hingga gangguan pernapasan. 

Alergi ini bisa dipicu oleh kandungan bromelain dalam nanas, enzim yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. 

Jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap buah-buahan, sebaiknya hindari nanas dan konsultasikan ke dokter sebelum mencoba buah ini.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengemudi Mobil Matik CVT dengan Benar, Pemula Harus Tahu

BACA JUGA:9 Tanda Ajal Sudah Dekat Menurut Imam Al-Ghazali, Persiapkan Diri Menghadapi Perjalanan Terakhir

Kategori :